5 Manfaat Penting Strawberry untuk Kesehatan

Loading...

manfaat buah strawberryStrawberry bukanlah buah asing bagi masyarakat Indonesia. Sebab buah berwarna merah ini banyak ditemukan dan dibudidayakan di Indonesia.

Buah strawberry memiliki rasa yang manis keasaman membuat banyak orang menyukainya.

Buah strawberry yang memiliki nama latin Fragraria chiloensis ini biasanya tumbuh pada dataran tinggi dengan suhu udara yang rendah. Sehingga di Indonesia dapat di temukan pada wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Sukabumi, Cipanas, Lembang, Batu dan Bedugul (bali).

Di Indonesia buah strawberry memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Buah ini memang lebih populer sebagai hiasan kue atau cakes, dan tak banyak yang tahu bahwa buah strawberry memiliki manfaat penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Tampilan cakes yang dipercantik oleh buah strawberry seakan menutupi manfaat kesehatan buah strawberry dan hanya terfokus pada lemak tak sehat yang mungkin terkandung pada cakes yang dikonsumsi.

Padahal Anda bisa saja membuat jus strawberry untuk mendapatkan nutrisinya. Tentu saja Anda harus meminimalkan pemakaian gula pasir yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

READ:  5 Manfaat Kesehatan dan Nutrisi Buah Stroberi

Nah apa saja manfaat sering mengkonsumsi buah strawberry?

1. Menurunkan tekanan darah

Jika anda adalah salah satu orang yang mengalami tekanan darah tinggi, maka cobalah mengkonsumsi buah strawberry secara rutin. Sebab buah strawberry mengandung potasium  yang dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol.

2. Meningkatkan kekuatan otak

Buah strawberry mengandung banyak vitamin seperti vitamin A,C, dan E. Sehingga jika kita rutin mengkonsumsi buah strawberry dapat membantu meningkatkan kekuatan otak dan menjaga kesehatan mata kita.

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Buah strawberry ternyata kaya akan kandungan antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker. Zat fitokimia atau asam ellagik yang terdapat di dalam buah strawberry secara alami dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.

4. Baik untuk pertumbuhan janin

Buah strawberry mengandung asam flat sekitar 25 mg dalam 1 cangkir (144 gram ) buah strawberry. Sementara itu seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 800 mikrogram flat setiap harinya.

Seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan flat yang cukup agar terhindar dari penyakit anemia ,lesu, keguguran, serta menghindari cacat pada bayi. Sebab asam flat berperan dalam pembelahan sel pada janin.

READ:  5 Manfaat Kecantikan Buah Strawberry

5. Membantu  mempertahankan kesehatan tulang

Di dalam 1 gelas strawberry mengandung sedikitnya 20 mg kalsium. Kalsium berperan penting dalam membangun dan mempertahankan struktur tulang kita.

**

Ternyata buah strawberry memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Sebanding dengan harga belinya yang cukup tinggi di pasaran.

(foto : wallcoo.net)