Jenis Makanan Sehat untuk Usia 50 Tahun

makanan untuk usia 50 tahunBukan rahasia lagi bahwa setiap orang harus mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sehat apalagi untuk Anda yang memasuki usia 50 tahun ke atas.

Pola hidup sehat dapat Anda atur mulai dari pola makan atau jenis makanan yang Anda konsumsi hingga waktu untuk berolahraga rutin setiap harinya.

Pilihlah jenis makanan yang akan menjauhkan Anda dari berbagai macam penyakit yang sangat rentan untuk Anda derita pada usia 50 tahun ke atas, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke atau yang lainnya.

Gloria Tsang, editor dari HealthCastle.com di Bellingham, Washington, menyarankan beberapa pilihan jenis makanan sehat untuk usia 50 tahun ke atas yang dapat dimasukkan dalam daftar harian Anda, mengingat untuk menggabungkan beberapa jenis makanan cukup sulit untuk Anda yang berada dalam usia senja.

 Grains

Grains atau yang biasa disebut dengan biji-bijian memiliki struktur yang keras tetapi sangat bermanfaat untuk Anda. Anda dapat menngkonsumsinya sebagai pengganti beras.

Grains juga dapat diolah menjadi roti atau sereal. Mengkonsumsi grain dapat membuat Anda lebih kenyang dan menjauhkan dari beberapa jenis penyakit seperti jantung dan diabetes.

Grain juga dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga berat badan Anda menjadi normal karena tidak menyebabkan kegemukan.

Cool Beans ( Lentils)

Makanan lain yang baik untuk usia 50 tahun keatas adalah lentil. Lentil masih termasuk dalam jenis kacang, buncis, dan kedele.

Lentil tinggi akan serat, protein dan kalium yang dapat melawan natrium  baik bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi karena memiliki kadar protein yang tinggi.

Anda dapat mengolah lentin dengan sayur dan sedikit tambahan daging agar lebih bervariasi.

Kentang

Kentang adalah tambahan yang bagus untuk Anda masukkan dalam daftar makanan harian Anda karena memiliki nutrisi yang baik untuk kulit Anda.

Anda dapat mengolahnya dengan cara dipanggang atau ditumbuk tanpa harus mengupas kulitnya.

Ikan

Untuk jenis makanan satu ini tidak diragukan lagi semua umur dapat mengkonsuminya karena memiliki kandungan yang tinggi akan asam lemak omega-3 sehingga memiliki dampak besar pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak, membantu memerangi penyakit Alzheimer dan membantu mencegah kolesterol tinggi. Sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang berusia 50 tahun ke atas.

Untuk mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang cukup, Anda dapat memilih ikan salmon sebagai alternatifnya.

Alpukat

Siapa bilang alpukat buruk untuk kesehatan Anda ? Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang keduanya adalah jenis lemak baik.

Karena itu alpukat sangat baik untuk kesehatan Anda karena dapat memberikan lemak yang baik bukan lemak jahat yang dapat membuat Anda obesitas atau berkelebihan berat badan di usia senja.

Anda dapat mengolah alpukat menjadi salad atau guacamole dan menggunakan saos sebagai pengganti mentega.

Buah Berry

Buah berry termasuk salah satu jenis buah yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan tingkat antioksidan yang tinggi, pilih buah berry yang memiliki warna ungu gelap seperti blueberry, plum dan anggur Concord, raspberry, stroberi dan anggur merah.

Anda dapat menyantapnya saat pagi hari setelah berolahraga atau saat santai di sore hari.

Apel Hijau

Seperti kentang, buah-buahan seperti apel, persik, pir dan nektarin tinggi akan serat dan baik untuk menjaga kehalusan dan membuat kulit Anda terlihat kencang walaupun sudah memasuki usia 50 tahun ke atas.

Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau mengkonsumsinya langsung.

Kafein

Jika Anda memulai hari Anda dengan secangkir kopi atau teh panas, maka ada baiknya Anda kurangi saat memasuki usia 50 tahun.

Walaupun kafein memang baik untuk jantung dan juga mengandung antioksidan, tetapi disarankan untuk mengkonsumsinya tidak lebih 2 cangkir perharinya. Anda juga perlu untuk berkonsultasi pada dokter mengenai jenis teh atau kopi yang dikonsumsi.

Susu dan Biskuit Manis

Saat Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat, maka di kepala Anda akan muncul berbagai jenis makanan yang memiliki rasa hambar apalagi saat Anda memasuki usia 50 tahun keatas.

Nah, mungkin untuk lebih membuat daftar menu sehat Anda berwarna, Anda dapat menambahkan susu dan biskuit di dalamnya. Tetapi untuk menkonsumsinya, diperlukan sedikit saran dari dokter pribadi Anda.

Air

Nah, untuk yang satu ini diwajibkan untuk semua umur, air! Kita  dianjurkan untuk meminum 8 gelas perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh Anda yang akan membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh dan memberikan nutrisi ke sel.

Air putih adalah pilihan terbaik, tetapi asupan air melalui cairan lainnya seperti  kopi, teh atau jus – dan bahkan makanan seperti tomat dan semangka juga berkontribusi terhadap asupan air harian Anda.


Topik Terkait: , ,

2 Komentar

  1. Trimakasih informasinya.Apakah kedelai untuk wanita yg sudah menapause tidak menyebabkan kenaikan asam urat?kok di sini malah di anjurkan.

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>