Jeruk Nipis dan Khasiatnya bagi Kesehatan Tubuh

Jeruk Nipis dan Khasiatnya bagi KesehatanTidak lengkap rasanya makan bakso, pangsit dan nasi goreng tanpa buah yang satu ini. Buah ini memang sudah tidak asing lagi.

Hampir semua orang pernah menggunakan jeruk nipis, baik sebagai bahan masakan maupun sebagai produk alami perawatan kecantikan. Paling sering digunakan sebagai bahan campuran masakan oleh pedagang makanan dan juga ibu rumah tangga.

Ternyata menurut penelitian, banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh tubuh dari mengonsumsi buah  ini. Berikut akan dipaparkan kandungan dan manfaat kesehatan yang dimiliki jeruk nipis.

Loading...

Melangsingkan tubuh

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, potasium, dan asam folat.  Asam folat  merupakan antioksidan yang berfungsi dalam memperlancar sistem pencernaan sehingga dapat mencegah terjadinya kelainan pada sistem kardiovaskuler (kelainan pada jantung dan pembuluh darah), juga memberikan perlindungan terhadap usus sehingga mencegah terjadinya kanker usus.

Kandungan vitamin pada jeruk nipis ini juga berfungsi mencegah kita dari jenis-jenis penyakit pencernaan seperti sariawan dan juga panas dalam.

Cara diet dengan jeruk nipis dapat dilakukan dengan meminum perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air putih dan juga madu sebelum makan. Sebaiknya jangan menambahkan air panas pada perasan jeruk nipis tersebut karena air panas bisa merusak vitamin C dan bioflavonoid yang terkandung pada jeruk nipis.

READ:  5 Manfaat Kesehatan Dibalik Rasa Pahit Daun Pepaya

Sebagai antioksidan

Peranan jeruk nipis sebagai antioksidan membantu tubuh dalam hal detoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi dalam tubuh, sehingga membuat anda akan merasa lebih rileks, fresh dan juga lebih segar.

Selain itu manfaat dari hilangnya racun (toksin) dalam tubuh memberikan efek yang baik bagi tampilan kulit, yakni kulit menjadi cerah dan kita akan terlihat tampak lebih muda.

Mencegah anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan darah dengan ditandai gejala, lesu dan terlihat loyo. Penyakit ini disebabkan karena kurangnya zat besi yang berfungsi dalam produksi sel darah merah (eritrosit) dan juga pengikat sel darah merah yang disebut Hhemoglobin.  Jika rutin mengkomsumsi jeruk nipis, maka kita akan memiliki asupan zat besi yang lumayan cukup sehingga akan terhindar dari risiko anemia.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Kandungan Vitamin C pada jeruk nipis ini berfungsi dalam membersihkan sisa-sisa racun pada tubuh. etiap pagi, disarankan mengomsumsi perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Kebiasaan mengomsumsi jeruk nipis yang ditambah dengan sedikit air hangat ini dapat menaikkan pH dalam tubuh, terutama urine.

READ:  12 Tips untuk Wanita Agar Tetap Sehat

Kebiasaan ini akan memaksimalkan kerja ginjal dalam menyaring (menfiltrasi) zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh, memaksimalkan ginjal di bagian  kortesks  khususnya  Tubulus kontortus proksimal dalam hal penyerapan kembali zat-zat sisa yang masih dibutuhkan oleh tubuh, juga memmudahkan kerja ginjal di bagian medula khususnya pada bagian kontortus proksimal distal dalam hal  Augmentasi  yaitu penambahan zat-zat seperti amonia, atau urea yang nantinya akan dikeluarkan menjadi urine sekunder (urin sesungguhnya).

Selain itu Vitamin C dan bioflavonoid berfungsi dalam menjaga sistem imunnitas (daya tahan tubuh) dan juga dapat mencegah terjadinya kanker.

**

Nah itulah manfaat sehat dari jeruk nipis. Semoga apa yang telah dipaparkan bisa menambah pengetahuan dan juga manfaat bagi anda.