Jambu Biji dengan Manfaat Kesehatan Menakjubkan

Loading...

jambu bijiJambu biji merupakan salah satu buah yang mengandung berbagai zat gizi dengan komponen nutrisi yang begitu kompleks dan dapat digunakan sebagai obat  alternatif.

Khasiat jambu biji ini banyak dipengaruhi oleh kandungan gizi pada buahnya, bijinya bahkan pada daunya pun terdapat manfaat kesehatan yang begitu luar biasa.

Nutrisi inilah yang menjadikan jambu biji sebagai salah satu buah terfavorite untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut akan dipaparkan mengenai manfaat kesehatan dari buah jambu biji.

Buah pencegah kanker

Kandungan nutrisi kompleks yang dimiliki buah ini memberikan manfaat besar dalam hal pencegahan kanker. Kandungan likopen dalam jambu biji berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan kanker.

Zat likopen merupakan senyawa karatenoid yang biasa disebut dengan zat anti kanker. Biasanya zat ini terkandung dalam buah-buahan berwarna merah termasuk jambu biji merah.

Manfaat lain zat ini bagi kesehatan tubuh adalah sebagai pencegah kerusakan kulit dari efek sinar UV dan memberikan perlindungan kekebalan tubuh dari berbagai macam jenis penyakit, terutama kanker. Dari kanker leher rahim, kanker prostat, kanker usus, dan kanker lambung.

Selain Likopen, jambu biji juga mengandung zat antioksidan poli-fenolik dan flavonoid yang berperan penting dalam pencegahan kanker, peremajaan kulit, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

READ:  Apa itu Hipotiroid?

Daun jambu biji mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD)

Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang ditandai dengan demam tinggi yang mendadak, tanpa sebab yang jelas, berlangsung terus-menerus selama 2 – 7 hari yang disebabkan oleh virus Dengue.

Penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue, yaitu virus yang menjadi faktor utama seseorang terkena demam berdarah.

Dari penelitian, ekstrak daun jambu biji diketahui bisa meningkatkan jumlah keping-keping darah (trombosit). Hal ini tentunya akan membantu penderita penyakit DBD yang trombosit darahnya menurun drastis bahkan penderita bisa saja mengalami pendarahan hebat yang berakibat kematian.

Mengatasi penyakit jantung

Kandungan serat yang sangat tinggi pada jambu biji efektif dalam menyembuhkan serta mengatasi berbagai penyebab penyakit pada sistem pencernaan. Terdapat senyawa pektin yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol total dan trigeliserida darah serta tekanan darah pada penderita hipertensi (tinggi darah).

Selain pektin, terdapat kandungan laksatif pada bijinya yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus. Serat yang ada pada jambu biji ini juga membantu untuk menurunkan berat badan.

READ:  4 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Beragam Penyakit

Ditambah dengan satu zat yang berada di cairan intraseluler darah yang disebut kalium membuat jambu biji juga berfungsi dalam meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol total serta hipertensi.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa jambu biji mencegah terjadinya berbagai macam penyakit khususnya di bagian jantung.

Membuat kulit menjadi kencang

Kandungan Vitamin A dan Vitamin C yang dimiliki oleh jambu biji bukan saja berfungsi di bagian pencernaan dan juga penglihatan tapi kedua Vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu kulit dalam proses detoksifikasi (penetralisir racun) sehingga akan nampak kulit menjadi lebih sehat.

Selain itu terdapat kandungan zat yang disebut Astrigent berfungsi dalam hal meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Sehingga jambu biji berfungsi dalam hal meremajakan kulit.

Efektif mencegah kegemukan (Obesitas)

Obesitas atau kegemukan tidak menutup kemungkinan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh kita akibat begitu banyaknya penimbunan lemak seperti batu empedu dan penurunan fungsi hati serta bisa menyebabkan gagal ginjal.

READ:  Tips Sehat Dengan Brokoli

Penelitian tahun 2012 oleh Journal Nutrition and Metabolism mengungkap manfaat daun jambu biji untuk mengurangi perlemakan hati yang didasari dari meningkatnya sindrom metabolisme (kelainan metabolisme) karena perubahan diet dan pola makan masyarakat dengan berbagai makanan Junk Food (makanan cepat saji).

Ekstrak daun jambu biji berfungsi dalam hal perbaikan resistensi insulin (ketahanan dan kekebalan hormon penurunan gula darah) karena terjadi perbaikan pada sel-sel hati yang berlemak.

**

Itulah beberapa info penting mengenai manfaat tanaman jambu biji dengan nama latin Psidium guajava. Jadi jangan segan-segan mengkomsumsi makanan yang bisa memberikan efek kesehatan yang luar biasa banyaknya bagi tubuh anda karena mencegah lebih baik daripada mengobati.