Apa itu Raspberry Ketone?

RRaspberry Ketoneaspberry ketone adalah senyawa kimia yang memberikan aroma menarik pada raspberry.

Senyama keton yang diambil dari raspberry dapat digunakan untuk menambah aroma dan rasa untuk sejumlah produk seperti cola, es krim, dan kosmetik.

Hanya saja ada informasi yang menyatakan bahwa raspberry ketone merupakan suplemen yang dapat mencairkan lemak dan mencegah kenaikan berat badan – bahkan ketika kita mengkonsumsi makanan tinggi lemak sekalipun!

Tapi bisakah hal itu benar-benar terjadi? Jawabannya belum ada yang tahu dengan pasti.

Apa kata ilmu pengetahuan?

Belum ada studi pada manusia mengenai sejauh mana efek penurunan berat badan dari raspberry ketone.

Satu-satunya studi tentang pengaruh raspberry ketone pada lemak adalah beberapa studi hewan. Penelitian dilakukan selama 10 sampai 15 tahun terakhir. Para peneliti melihat efek dari raspberry ketone pada tikus, mencit, dan kelinci.

Para peneliti mengamati bahwa, dibandingkan dengan kontrol, raspberry ketone menurunkan jumlah lemak di hati dan visceral adipose (lemak perut) jaringan mencit.

Hal ini juga secara signifikan meningkatkan lipolisis (penguraian lemak) yang diinduksi norepinefrin pada beberapa sel-sel lemak tikus.

Para peneliti juga menguji sel-sel lemak in vitro dengan raspberry ketone dan menemukan bahwa mereka menunjukkan bukti yang lebih besar dari kerusakan bila dibandingkan dengan kontrol.

Ada juga beberapa studi tentang pengaruh raspberry ketone pada sel-sel yang terisolasi dalam tabung uji. Tetapi tidak ada cara untuk mengetahui apakah hasil yang sama akan diproduksi pada manusia.

Kegembiraan atas potensi manfaat bisa dimengerti. Dalam penelitian hewan, raspberry ketone timbul untuk mengubah metabolisme hewan. Akibatnya, hewan-hewan dapat:

  • Mempercepat pengolahan lemak
  • Pengurangan jaringan lemak, terutama di hati

Dalam penelitian hewan, raspberry ketone juga tampaknya mempengaruhi produksi hormon tertentu yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Tapi apakah raspberry ketone akan memiliki efek yang sama pada metabolisme dan produksi hormon pada manusia, hingga saat ini masih belum diteliti.

Sampai para ahli membuktikannya, Anda lebih baik berkonsentrasi pada diet sehat seimbang dan olahraga teratur. Keduanya telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengelola berat badan.

Hubungan raspberry ketone dan adinopektin

Adiponektin adalah protein yang digunakan oleh tubuh untuk mengatur metabolisme. Tingkat yang lebih tinggi berhubungan dengan penyimpanan lemak yang lebih sedikit.

Para ilmuwan mempelajari efek raspberry ketone sel lemak in vitro dan mengamati sekresi adiponektin yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kontrol.

Bahaya potensial yang tidak diketahui

Raspberry ketone dalam makanan dan kosmetik umumnya dianggap aman. Tapi tidak ada yang tahu efek jangka pendek atau jangka panjang apa yang bisa ditimbulkan oleh suplemen raspberry ketone pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Itu karena belum ada penelitian yang mendokumentasikan potensi efek samping. Juga belum ada penelitian yang melihat potensi interaksi obat atau makanan.

Fakta bahwa raspberry ketone secara kimiawi menyerupai stimulan lainnya menunjukkan potensi efek samping tertentu. Dan ada laporan anekdotal kegelisahan, peningkatan tekanan darah, dan detak jantung yang cepat di antara orang yang memakai suplemen raspberry ketone.

Tapi tanpa bukti, tidak ada yang bisa mengatakan bagaimana dosis suplemen raspberry ketone, jika ada, yang mungkin aman untuk dikonsumsi.

Saran terbaik adalah mendiskusikan kekhawatiran Anda tentang berat badan serta manajemennya dengan dokter Anda sebelum mencoba metode apapun yang terbukti untuk mengontrol berat badan.

(foto: appforhealth.com)


Topik Terkait: , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>