Selamat Ulang Tahun, SMS!

Loading...

Pesan smsSMS

Wah, ternyata hari ini 3 Desember 2012, SMS berulang tahun yang ke 20. Mengutip dari laman techcrunch, kami membahas sedikit tentang awal mula layanan SMS ini.

Layanan sms pertama kali digunakan pada tanggal 3 Desember 1992 di Berkshire, sebuah kota kecil di Newbury, Inggris. Seorang programmer bernama Neil Papworth yang pertama kali mengirimkan sebaris salam untuk teman baiknya menggunakan sebuah teknik baru yang unik, yang kemudian diberi nama Short Messaging Service.

Pesan ini dikirimkan oleh Neil Papworth melalui personal computer ke ponsel milik Richard Jarvis, seorang karyawan Vodafone, dan berbunyi “Merry Christmas“. Vodafone akhirnya memutuskan bahwa layanan ini akan menjadi cara yang mudah dan asik untuk berkomunikasi secara internal.

Akan tetapi setelah sms pertama tersebut, tidak serta merta layanan ini langsung populer. Butuh waktu sekitar tujuh tahun. Dan sekarang, hampir 8 trilyun pesan terkirim melintasi udara setiap tahunnya. Konon, usia 18 – 25 tahun mengirimkan rata-rata 133 pesan setiap minggunya.

READ:  Ini Dia 5 Aplikasi Android Terbaru yang Laris Manis

Dengan pesatnya perkembangan jejaring sosial dan semakin mudahnya akses internet, orang-orang mulai meninggalkan layanan SMS. Berbincang melalui grup BBM, Whatsapp, Line, Facebook atau berbalas kalimat di twitter menjadi lebih populer saat ini. Anda sendiri, kapan terakhir kali mengirimkan sms?

(photo: thinksms.co.uk)