Kandungan Vitamin dalam Kelezatan Nangka

kandungan vitamin buah nangkaTak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan akan tiba. Ibu-ibu rumah tangga mungkin tengah berpikir keras memikirkan menu takjil (hidangan ringan) sebagai pembuka puasa di bulan mendatang.

Dan bicara hidangan takjil, selain buah kurma, tak lengkap rasanya tak menyebut buah nangka sebagai buah favorit di tanah air.

Loading...

Ya, buah nangka tergolong bahan makanan yang paling sering digunakan untuk hidangan berbuka puasa. Mulai dari es buah, kolak, atau mungkin sayur nangka? Variasinya luas.

Dimakan segar pun terasa nikmat. Apalagi bijinya saja bila direbus masih bergizi dan dapat dimakan sebagai kudapan.

Nangka, atau dikenal di dunia sebagai jackfruit merupakan buah yang dibudidayakan di Cina, India, Afrika, Filipina, hingga Indonesia. Ia dapat tumbuh di daerah semi-tropis dan tropis. Temukanlah kadar vitamin yang dapat Anda peroleh dari buah ini.

Dengan asumsi satu cangkir nangka sama dengan satu porsi 165 gram, inilah dia kandungan vitamin dalam kelezatan buah nangka.

Vitamin A atau Retinol 

Satu porsi nangka menyumbang 10 persen dari jumlah vitaman A harian yang disarankan. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan, produksi sel yang normal dan perkembangan janin pada wanita hamil.

Nutrisi yang juga dikenal sebagai retinol ini, membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kulit dan tulang tetap sehat.

Menurut University of Maryland Medical Center (UMMC), makanan lain yang dianggap tinggi vitamin A adalah sayuran berwarna oranye dan kuning, sayuran hijau gelap, dan produk hewani seperti hati, telur dan susu.

Vitamin C  atau Asam Askorbat

Secangkir nangka memberikan sekitar 18 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Asam askorbat, yang juga dikenal sebagai vitamin C, menyediakan tubuh dengan perlindungan antioksidan.

Para peneliti menghubungkan antioksidan dengan perlindungan tubuh dari penuaan dan penyakit, termasuk kanker dan gangguan  jantung. Vitamin C juga membantu membangun kolagen, yang memperkuat tulang dan menjaga kulit tetap sehat serta tampilan awet muda.

UMMC merekomendasikan perokok mengambil jumlah ekstra vitamin C, -sekitar 35 mg lebih banyak dari jumlah yang disarankan biasanya-, karena merokok merampas tubuh gizi sehingga lebih baik tak usah merokok sama sekali.

Makanan lain yang mengandung vitamin ini termasuk buah jeruk dan jus, paprika hijau, stroberi dan brokoli.

Vitamin B1 atau Tiamin

Vitamin B1, juga dikenal sebagai tiamin, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pengendalikan level stres, demikian menurut UMMC.

Vitamin B sebagai sebuah kelompok, membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Studi menunjukkan bahwa vitamin B1 juga dapat membantu memerangi katarak, beri-beri dan demensia.

Buah nangka menyumbang sekitar 0,05 miligram gizi per porsi.

Asupan harian yang direkomendasikan berkisar 0,5 miligram untuk anak-anak untuk dan 1,5 untuk wanita menyusui, sebagaimana catatan UMMC. Menurut Purdue University, kacang-kacangan segar merupakan “sumber yang baik dari vitamin B1 dan B2.”

Daging juga tergolong yang tinggi B1, sebagaimana molase, ragi dan sereal.

Vitamin B3 atau Niacin

Vitamin B3, atau niacin, juga membantu mengubah makanan menjadi energi. B3 bekerja untuk menurunkan kolesterol, untuk meningkatkan sirkulasi yang sehat dan untuk menjaga hormon tubuh bekerja dengan baik, terutama yang berkaitan dengan stres dan hubungan suami-istri.

Buah nangka menghasilkan 0,66 miligram niasin per porsi. Jumlah harian yang disarankan berkisar dari 6 mg untuk anak-anak muda dan 17-18 miligram untuk wanita hamil dan menyusui.

Makanan lain yang tinggi kandungan niasin meliputi bit, jeroan, makanan laut, biji bunga matahari, dan ragi.

Nutrisi Tambahan

Buah nangka juga mengandung vitamin B2 dan B6, kalsium, fosfor, magnesium, besi dan potasium. Satu porsi sejumlah 100 gram mengandung sekitar 98 kalori, 20 gram karbohidrat, 1,5 gram protein dan 1 gram serat.

 ***

Demikian kandungan vitamin dan manfaat buah nangka untuk kesehatan. Setelah mengetahui fakta nutrisi tersebut, kini kita bisa tahu mengapa buah ini cocok sebagai takjil, ia mengandung banyak vitamin untuk menunjang aktivitas ibadah Anda.

Tetap bekali pengetahuan Anda dengan informasi kesehatan, dan jangan lupa untuk diterapkan dalam keseharian Anda. Semoga bermanfaat.

(foto: rikajenzhomekitchen – flickr.com)

READ:  Mengonsumsi Seledri Dapat Membantu Menjaga Fungsi Ginjal