Jenis Kacang Terbaik Bagi Penderita Jantung

manfaat kacang-kacanganKacang-kacangan adalah makanan ringan sempurna bagi penderita jantung, karena mengandung lemak sehat yang diperlukan untuk fungsi tubuh Anda dan tidak mengandung kolesterol.

Bentuknya yang kecil menjadikannya mudah untuk disimpan dan dibawa kemana saja sehingga dapat dikonsumsi kapan pun Anda mau.

Kacang berperan dalam mengembangkan kontrol glikemik, mencegah bahkan mengurangi terjadinya serangan jantung. Kacang juga merupakan sumber protein, serat, vitamin dan mineral.

Loading...

Selain itu kacang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL yang tinggi dalam darah sehingga sangat baik dikonsumsi terutama untuk diet jantung sehat.

Berikut ini adalah beberapa jenis kacang-kacangan terbaik untuk penderita jantung.

Kacang Almond

Dengan tingginya kandungan protein, kalsium dan zat besi, almond mampu melindungi jantung dan mencegah terjadinya stroke. Almond tidak memiliki kandungan kolesterol, itulah alasan utama mengapa penderita jantung harus mengkonsumsi almond.

Di samping itu terdapat vitamin E dan serat yang tinggi dalam kacang almond yang dapat mencegah peradangan serta menurunkan kadar kolesterol dalam aliran darah.

Kacang Kenari

Kacang kenari dianggap sebagai salah satu kacang terbaik bagi penderita jantung, karena mengandung asam alfa-linoleat (ALA) yang tinggi. Penelitian telah membuktikan bahwa ALA bermanfaat untuk aritmia jantung atau kondisi denyut jantung yang tidak menentu.

READ:  Susu Kedelai, Minuman Terbaik Untuk Kesehatan Jantung

Kacang Cedar

Jenis kacang yang berasal dari Rusia ini mengandung hampir 70 persen asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehingga mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh.

Sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi.

Pistachio

Jenis kacang yang satu ini biasanya dikonsumsi sebagai dessert atau makanan penutup. Merupakan sumber vitamin A dan B6 yang sangat baik bagi jantung.

Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Kacang Tanah

Kaya akan protein, sterol dan asam folat. Kacang ini dianjurkan untuk penderita jantung karena kandungan lemaknya yang rendah.

Mengandung banyak serat, niasin dan vitamin B6 yang mampu membebaskan jantung dari segala macam penyakit dan membuat kerja jantung lebih efisien.

Kacang Pecan

Telah terbukti secara ilmiah bahwa kacang ini memiliki peran dalam menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Selain itu kacang ini juga baik dikonsumsi bagi Anda yang sering mengalami insomnia.

Kacang Mete

Campuran omega-3, asam lemak dan protein yang terkandung dalam kacang mete menjadikannya sebagai salah satu jenis kacang yang mampu meningkatkan kesehatan jantung.

READ:  Agar Kulit Tetap Terhidrasi, Konsumsi 6 Makanan Ini

Kadar kolesterol diturunkan dalam tubuh melalui konsumsi kacang mete, yang dapat mencegah peradangan. Memiliki kandungan zat besi dan seng yang sangat tinggi.

Hazelnut

Hazelnut menjadi salah satu cemilan sehat bagi penderita jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

**

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kacang-kacangan di atas memang terbukti mampu mengurangi terjadinya serangan jantung pada penderitanya, namun akan lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi kacang-kacangan tersebut sesering mungkin mulai saat ini agar Anda terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

(foto: realfoods.co.uk )