Dahsyatnya Khasiat Beras Hitam Bagi Kesehatan

khasiat beras hitamBeras hitam tampaknya belum begitu populer di kalangan masyarakat saat ini, kebanyakan orang menganggap bahwa beras hitam sama dengan ketan hitam yang sering ditemukan di pasaran.

Padahal ada begitu banyak perbedaan yang menonjol terutama dalam hal manfaat kesehatan.

Anda pasti sudah sering mendengar pepatah menyatakan “tak kenal maka tak sayang”.

Sama halnya dengan beras hitam ini, bagaimana mungkin Anda akan mengkonsumsinya bila tidak mengetahui sebenarnya khasiat seperti apa yang ditawarkan beras hitam bagi kesehatan tubuh Anda.

Oleh karena itu kami akan membuat Anda mengenal lebih jauh manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi beras hitam:

Mengandung sejumlah besar antioksidan

Beras hitam merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

Beras hitam mampu memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah terjadinya gangguan fungsi ginjal pada tubuh, serta membersihkan kolesterol dalam darah. Selain itu risiko kanker juga dapat Anda cegah dengan mengkonsumsi beras hitam.

Mencegah serangan jantung

Studi menunjukkan bahwa beras hitam mengandung sejumlah besar antosianin, senyawa flavonoid yang mampu menurunkan risiko serangan jantung.

Hal ini dilakukan dengan mencegah penumpukan plak di arteri yang merupakan alasan paling umum mengapa serangan jantung terjadi.

Bahkan telah terungkap bahwa antosianin ternyata lebih mampu mengendalikan kadar kolesterol daripada suplemen makanan lainnya yang tersedia saat ini.

Kaya akan protein

Beras hitam mengandung protein dalam jumlah yang tidak besar, namun memiliki kandungan besi yang cukup tinggi.

Zat besi ini sangat dibutuhkan tubuh terutama dalam pembentukan sel darah merah.

Kaya akan zat kalium dan magnesium

Mengandung zat kalium dan magnesium yang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah, serta mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung.

Sangat cocok bagi penderita kencing manis dan pembuluh darah jantung sebagai makanan penyehat badan.

Mengandung vitamin, mikroelemen dan asam amino

Kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino yang dikandung beras hitam lebih tinggi bila dibandingkan dengan beras biasa. Semakin gelap warna beras, semakin menonjol pigmen anti penuaan di lapisan luar beras.

Pigmen tersebut mengandung materi aktif flavonoid yang jumlah kadarnya lima kali lipat lebih besar daripada beras putih.

**

Nah, setelah mengetahui manfaat dari makanan yang mengandung banyak serat ini, giliran Anda yang menentukan pilihan.

Segala jenis beras tentunya memiliki manfaat masing-masing, namun tidak ada salahnya sesekali mencoba menikmati beras hitam yang penuh dengan khasiat luar biasa ini.


Topik Terkait: , , ,

1 Komentar

  1. keluargaku sudah lebih dari 2 bulan ini mengkonsumsi beras hitam,awalnya memang rasanya agak beda,bahkan salah satu anak saya ndak mau makan karna geli,jikik melihat warnanya,tapi setelah saya kasih tau manfaatnya hingga sekarang iapun ikut mengkunsumsi,yang jelas sekarang ini dirumah sudah tidak sedia lagi beras putih,entah nanti kalau persediaan sudah habis,maklum beras hitam ini kami peroleh dari adik saya yang sengaja menanam di sawahnya,dan kami diberi hasil panennya,untuk masa tanam selanjutnya kami juga berharap dia menanam kembali,agar kami bisa tetap sehat.memang sih keluarga kami tidak memiliki keturunan deabet,tapi kami cenderung darah tinggi,dan alhamdulilah samapi sekarang kami sehat

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>