6 Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat

Berpikir Berpikir

Ingatan kita sekarang mungkin mulai terpecah belah karena terlalu banyak hal yang harus diingat. Seperti ketika kita mulai lupa di mana meletakkan dokumen penting atau bahkan hari ulang tahun pasangan kita.

Meskipun para peneliti masih memperdebatkan antara hubungan Ginkgo Biloba dan memori di ingatan anda, ada beberapa penelitian di luar sana yang mengaitkan aktivitas, kebiasaan dan bahkan asupan makanan yang menentukan sejauh mana anda bisa mengingat sesuatu.

1. Terlibat Dalam Percakapan Hangat

Bila Anda terlibat dalam percakapan yang menyenangkan dengan seseorang, Anda akan mendapatkan lebih dari sekedar pengalaman bersosial yang menyenangkan.

Para peneliti di University of Michigan mempelajari berbagai cara orang dalam berkomunikasi untuk mengetahui apa dan bagaimana cara orang berkomunikasi bisa berefek pada otak manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbicara dengan cara yang negatif tidak menghasilkan manfaat sama sekali.

Namun, ketika percakapan itu ramah dan menarik, otak akan cenderung untuk mencoba memahami sudut pandang orang lain dan menyimpulkan apa yang akan di katakan selanjutnya, sehingga merangsang daerah pikiran terkait dengan memori.

2. Atasi Stress

Cobalaha pergi ke dapur dan berdiri sejenak disana. Anda akan menyadari bahwa Anda tidak tahu mengapa Anda berada disana, apa yang harus Anda lakukan dan bagaimana cara Anda memulai.

READ:  Tips Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

Menurut Bill Scoot seorang CEO dari BrainPaint, ini adalah masalah memori umum yang berasal dari stres. Sistem neurofeedback digunakan oleh terapis untuk lebih memahami aktifitas otak. “Ketika anda stres, hormon kortisol mengalami peningkatan dan menghilangkan memori jangka pendek”.

Cara mengatasinya ? Latihlah otak anda untuk bekerja lebih baik, bahkan dalam menghadapi stress dan kecemasan. Meditasi atau latihan pernapasan dapat membantu anda menjadi lebih tenang.

3. Mempelajari Bahasa Lain

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Academy of Neurology pada April 2011 menunjukkan bahwa semakin banyak bahasa yang anda tahu, maka semakin baik pula memori yang anda miliki.

Menurut penelitian, “Orang-orang yang berbicara empat bahasa atau lebih adalah orang yang lima kali lebih bisa mengembangkan kemampuan kognitif dibandingkan dengan orang yang hanya bisa berbicara dua bahasa saja”.

4. Minum Jus Buah Bit

Jus buah bit sarat akan nitrat yang akan dikonversi menjadi nitrit dalam tubuh dan membantu meningkatkan aliran darah, jus bit telah ditemukan untuk membantu menjaga pikiran tetap tajam.

READ:  Manfaat Berenang Untuk Bayi

Para ilmuwan di Wake Forest University menguji efek dari makanan kaya nitrat, seperti jus buah bit. Temuan terbaru membuktikan bahwa ini terkait dengan dementia dan kemampuan kognitif otak yang kekurangan oksigen di daerah tertentu.

Karena nitrit tampaknya inheren (tahu bagian tubuh mana yang membutuhkan aliran darah lebih), ilmuwan menyarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan nitrat yang tinggi. Contohnya, bit, kubis, seledri dan bayam.

5. Makanan Untuk Diet Mediterania

Sebuah studi Universitas Rush yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makanan lezat yang sudah umum untuk masakan Mediterania terkait dengan “penurunan tingkat kemampuan kognitif pada orang dewasa”.

Peserta yang sehari-hari diet mengandung sayuran, kacang-kacangan, minyak zaitun, ikan, dan anggur moderat dan konsumsi alkohol memiliki paling sedikit penurunan kognitif, sedangkan peserta lain yang mengikuti pola dasar makanan sehat tidak melihat manfaat yang sama.

Siap untuk beralih ke pola makan Mediterania? Langkah pertama yang mudah adalah dengan menggunakan minyak zaitun untuk semua kebutuhan memasak Anda.

READ:  10 Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

6. Latihlah Pikiran

Menurut Harry Lorayne, penulis Memory Ageless, kita perlu berpikir otak sebagai otot. “Jika Anda meninggalkan lengan kanan Anda menggantung selama enam bulan, tidak melakukan apa-apa, bagaimana cara kerjanya? itu sama dengan otak anda, “kata Lorayne.

Cara terbaik untuk menjaga memori Anda kuat adalah dengan sadar menggunakannya setiap hari. Misalnya, jika Anda menemukan Anda memiliki waktu yang sulit mengingat hal-hal seperti nomor telepon atau nama, sisihkan waktu setiap hari untuk menghafal mereka sampai Anda dapat menyimpan informasi.

Ini mungkin bukan cara yang paling menghibur untuk menghabiskan waktu satu jam Anda, tetapi Anda akan kagum pada hasil akhirnya.

(foto: asiasociety.org)