Daun Bawang Sebagai Obat Alternatif

Loading...

Daun BawangDaun Bawang

Daun bawang merupakan salah satu tumbuhan yang sering digunakan dalam memasak sebagai pemberi rasa. Mulai dari membuat martabak dan campuran sup, daun bawang meskipun bukan menjadi sayuran utama namun kehadirannya membuat masakan terasa lengkap. Namun, tahukah Anda bahwa daun bawang memiliki khasiat yang dapat digunakan dalam pengobatan alternatif?

Ada dua jenis bawang daun, yaitu bawang bakung (Allium fistulosum) atau bawang semprong / sibol dan bawang prei (Allium porrum) atau leek. Yang pertama memiliki umbi kecil dengan daun bulat, panjang, dan berlubang seperti pipa. Sedang yang kedua tidak memiliki umbi dengan daun panjang, pipih berpelepah panjang, dan liat.

Daun bawang diketahui banyak mengandung saponin, tanin, dan minyak asiri. Dengan kandungannya tersebut, daun bawang berkhasiat untuk meredakan perut kembung, batuk, flu, sesak nafas karena flu, diuretik, diaforetik, nyeri sendi dan anti radang; menghilangkan bengkak karena bisul; serta menghilangkan bebas gigitan serangga.

Manfaat yang ada pada daun bawang terjadi karena daun bawang memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, daun bawang juga memiliki khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat, memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh kita, dan sebagian orang juga mempercayai bahwa daun bawang bisa membuat kita menjadi tetap awet muda. Untuk itu, daun bawang ini juga wajib dikonsumsi karena kaya akan manfaat dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita.

READ:  Akupuntur, Manfaat dan Resikonya

Jadi, daun bawang bukan hanya sekedar pelengkap martabak saja bukan?

(photo: homeguides.sfgate.com)