Khasiat Minyak Biji Wijen Bagi Kesehatan

minyak wijenBagi Anda yang suka menikmati kudapan tradisional, pasti sudah tidak asing lagi dengan butiran wijen yang mampu membuat makanan menjadi lebih lezat.

Karena seringnya ditemukan pada makanan, akhirnya minyak biji wijen pun hanya dikenal sebagai penguat rasa dalam makanan. Padahal butiran-butiran kecil wijen sebenarnya memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Tidak hanya untuk kesehatan jantung, minyak ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap penderita diabetes. Minyak biji wijen kaya akan protein, suatu kualitas yang sangat jarang ditemukan dalam jenis minyak lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat kesehatan dari minyak biji wijen:

Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak biji wijen mengandung elemen yang disebut sesamol, yang merupakan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Sesamol ini mampu meningkatkan kesehatan jantung yang baik.

Mencegah Diabetes

Minyak biji wijen memiliki konsentrasi tinggi magnesium yang membantu melindungi tubuh Anda terhadap resistensi insulin yang pada gilirannya mampu mencegah diabetes.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Minyak biji wijen mengandung zinc (seng), mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Zinc bertanggung jawab untuk menjaga kepadatan kalsium tulang. Itu sebabnya, minyak ini sangat baik dikonsumsi terutama bagi wanita.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika dibandingkan dengan jenis minyak lain seperti minyak kelapa, minyak biji wijen lebih ringan dan lebih mudah untuk dicerna. Memiliki manfaat luar biasa bagi usus besar Anda.

Minyak Antispasmodik

Minyak ini mengandung kualitas antispasmodik, sehingga mampu meringankan kejang otot pada saluran pernapasan. Maka dari itu sangat disarankan bagi penderita asma.

Menurunkan Tekanan Darah

Magnesium dalam minyak wijen bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam kasus penderita diabetes yang juga memiliki tekanan darah tinggi, minyak wijen inilah yang paling efektif untuk dikonsumsi.

Baik Untuk Kesehatan Mulut

Manfaat minyak biji wijen untuk kesehatan mulut tentunya tidak tertandingi dengan minyak lainnya. Minyak wijen dipercaya mampu mengurangi jumlah plak dan membantu mengembalikan mineral enamel gigi. Sesekali cobalah untuk berkumur dengan menggunakan minyak biji wijen.

Perlindungan Kanker

Terlepas dari sifat antioksidan magnesium, minyak biji wijen juga mengandung senyawa yang disebut fitat, yang mampu melawan sel-sel penyebab kanker.

Menyehatkan Kulit

Zinc (seng) yang terkandung dalam minyak biji wijen dapat meningkatkan elastisitas kulit Anda dan mendorong pertumbuhan kolagen. Wanita yang sedang hamil dapat menggosokkan minyak biji wijen ini pada perutnya karena bisa mengurangi stretch mark.

Minyak Kaya Protein

Sangat jarang ditemui minyak yang mengandung banyak protein. Akan tetapi minyak biji wijen ini mengandung 4.5 hingga 5 gram protein per ons, yang dapat digunakan sebagai bonus tambahan terutama bagi Anda yang vegetarian.

**

Manfaat minyak biji wijen mungkin tidak sepopuler minyak zaitun. Namun minyak sehat ini memiliki banyak manfaat kesehatan yang sangat baik.

Di negara China dan India, minyak biji wijen digunakan sehari-hari sebagai minyak goreng, karena minyak ini tidak mudah rusak seperti jenis minyak lainnya.

(foto: foodnutritiontable.com)

Topik Terkait: , , ,
0 comments