Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

semangkaSemua orang pasti sudah tahu bahkan pernah menjajal kesegaran buah semangka.

Bentuk buah semangka yang bulat, rasanya yang manis dan warnanya yang merah merekah menjadi daya tarik sendiri mengapa banyak orang menyukai buah yang satu ini. Semangka sendiri merupakan tanaman yang masih sekerabat dengan melon, labu-labuan, dan juga ketimun.

Namun meskipun rata-rata orang suka dengan semangka belum tentu mereka mengetahui manfaat kesehatan apa di balik buah berasa manis ini. Ternyata buah semangka memiliki manfaat yang sangat berlimpah untuk kesehatan tubuh.

Semangka merupakan buah yang dapat dijadikan sebagai teman diet karena di dalamnya tidak mengandung lemak, memiliki kadar gula terbatas dan juga kandungan airnya cukup melimpah. Semangka juga sangat bermanfaat untuk orang yang menderita hipertensi karena di dalamnya memiliki kandungan kalium dan air yang cukup tinggi yang berguna untuk menetralkan tekanan darah di dalam tubuh.

Dan berikut ini merupakan manfaat semangka untuk kesehatan tubuh kita:

1. Mencegah hipertensi dan stroke

Sebagaimana telah diungkapkan di atas bahwa semangka mengandung kalium yang cukup tinggi dimana perannya sangat signifikan untuk menurunkan tekanan darah.

READ:  10 Manfaat Menakjubkan Semangka Bagi Tubuh Anda

Tak hanya itu, di dalam semangka juga terkandung karetenoid yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya pengerasan pembuluh vena maupun dinding arteri sehingga karenanya dapat mengurangi terjadinya tekanan darah. Namun untuk mendapatkan manfaat buah semangka ini tentu saja Anda mesti mengkonsumsinya secara rutin.

2. Menyehatkan ginjal

Kandungan kalium yang tinggi di dalam buah semangka juga rupanya sangat baik untuk kesehatan ginjal. Kalium tersebut dapat membantu untuk membersihkan racun yang masih tersisa di dalam ginjal.

Semangka juga dapat menurunkan asam urat di dalam darah sehingga menekan resiko pembentukan batu ginjal dan kerusakan ginjal.

3. Antioksidan

Buah semangka juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan karena di dalamnya memiliki kandungan likopen yang tinggi. Likopen sendiri merupakan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas di dalam tubuh yang biasanya masuk karena disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat, polusi udara atau sistem imunitas tubuh yang menurun. Untuk diketahui bahwa radikal bebas ini merupakan titik awal munculnya kanker.

READ:  Bir Dapat Membantu Kesehatan Jantung

4. Mencegah sariawan

Kandungan vitamin dan airnya yang banyaklah yang membuat buah semangka juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan. Sariawan merupakan penyakit yang terjadi pada mulut kering kekurangan air sehingga dengan mengkonsumsi semangka yang mengandung banyak air maka bakteri penyebab sariawan tersebut tidak akan berkembang.

**

Itulah beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat kesehatan yang dikandung di dalam buah semangka. Manfaat tersebut akan dapat Anda rasakan ketika rajin mengkonsumsinya setiap hari.

Semoga bermanfaat!

(foto: weheartit.com)