Tips Mencegah Asma Kambuh

Loading...

penderita asmaAsma adalah salah gejala penyempitan saluran napas yang diakibatkan oleh rangsangan sesuatu.

Gejala asma hanya bersifat sementara namun dapat berakibat fatal sebab membuat penderita mengalami kesulitan bernafas.

Asma biasanya disebabkan oleh serbuk saru, bulu binatang , debu, asap , udara yang dingin dan olahraga.

Nah berikut ini adalah tips bagi penderita asma agar penyakitnya tidak mudah kambuh.

1. Mencegah pemicu asma

Setiap penderita asma memiliki penyebab asma yang berbeda – beda.  Ada yang disebabkan oleh debu, polusi, makanan dan suhu ekstrim.

Sebaiknya anda mengkonsultasikan dahulu kepada dokter mengenai penyebab pasti penyakit asma anda. Bila disebabkan oleh polusi maka sebisa mungkin anda selalu menggunakan masker penutup hidung agar udara kotor tidak masuk ke paru – paru anda.

2. Mencari olahraga yang cocok

Penderita asma tidak boleh sembarangan berolahraga, lakukanlah olahraga yang tidak terlalu memberatkan namun tetap bermanfaat bagi kebugaran anda. Ketika berolahraga sebaiknya didahului dengan pemanasan agar tubuh siap untuk menerima beban fisik yang meningkat serta akhiri dengan pendinginan.

READ:  Ketahui 5 Anggapan Salah Tentang Penyakit Asma

Bila saat melakukan olahraga anda mengalami asma maka langkah yang anda lakukan adalah langsung duduk dan mencondongkan badan ke depan ke arah meja, lalu sanggah badan dengan bantal dan kepala bertumpu pada tangan, langkah ini berguna untuk memudahkan pernafasan.

3. Mengganti bantal tidur kapuk dengan busa

Bantal tidur kapuk dapat menjadi penyebab kambuhnya asma. Semakin tua usia kapuk tersebut maka kandungan kapuknya akan semakin halus dan mudah beterbangan, bila sedang tidur tanpa sadar debu tersebut akan beterbangan dan dapat menyebabkan asma.

Sebaiknya ganti bantal tidur anda menggunakan busa yang tidak menghasilkan debu.

4. Merawat kesehatan rumah

Kondisi rumah yang berdebu juga memungkinkan anda terkena asma, sebaiknya lakukan pembersihan rutin agar debu tidak menempel pada dinding dan lantai rumah anda. Selain itu atur ventilasi udara di dalam rumah agar selalu terganti dengan udara baru yang menyehatkan.

5. Gunakan kipas angin pada dapur dan WC

Kipas angin berfungsi untuk menghilangkan debu yang beterbangan disekitar dapur serta mencegah munculnya bau yang menyengat.

READ:  Terapi Baru Menjanjikan Untuk Multiple Sclerosis

6. Sediakan selalu obat

Anda tidak pernah tahu kapan asma anda akan kambuh, oleh karena itu sebaiknya anda selalu membawa ke mana saja obat yang sering anda gunakan untuk mengatasi asma.

7. Sering melakukan yoga

Dari hasil beberapa penelitian mengungkapkan bahwa yoga dapat membantu meningkatkan fungsi paru – paru dan pernafasan bagi penderita asma. Selain itu juga dapat mengurangi hyperresponsivity jumlah serangan.

**

Demikianlah tips mencegah asma kambuh. Asma dapat selalu dicegah selama kita menjalankan pola hidup sehat. Selamat mencoba.

(foto : pusatgamat.web.id)