6 Tips Hidup Sehat bagi Penderita Hipertensi

Hipertensitekanan darah tinggi atau biasa dikenal dengan sebutan tekanan darah tinggi adalah kelainan pada sirkulasi darah. Hipertensi dapat membuat penderitanya mengalami serangan jantung, stroke, serta penyakit ginjal.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa dirinya mengalami hipertensi, namun baru menyadarinya ketika sudah terkena mimisan, sakit kepala dan komplikasi pada organ seperti mata, ginjal , dan jantung.

Ciri – ciri penderita hipertensi adalah terjadinya peningkatan tekanan darah mendadak pada orang yang selama ini memiliki tekanan darah normal sehingga menyebabkan pembuluh darah pada otak mengalami penciutan secara mendadak.

Obat – obatan tidak dapat mengatasi hipertensi melainkan hanya membuat tekanan darah anda menjadi normal dan bisa meningkat lagi sewaktu – waktu.

Nah bagi anda yang menderita hipertensi, berikut ini adalah tips hidup sehat bagi penderita hipertensi.

1. Tinggalkan alkohol

Bila selama ini anda sering mengkonsumsi alkohol maka sebaiknya anda membatasi meminumnya. Mengkonsumsi alkohol dengan jumlah yang banyak dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Konsumsi buah dan sayuran berpotasium

Potasium dapat anda peroleh pada kacang – kacangan, kentang, aprikot, dan lain – lain. Fungsi potasium adalah dapat menurunkan tekanan darah. Namun berhati – hatilah bila anda mengalami gangguan ginjal karena potasium justru dapat memperburuk keadaan ginjal kita.

3. Kurangi konsumsi garam

Banyak mengkonsumsi garam setiap hari dapat memicu terjadinya hipertensi. Sebaiknya batasi garam hanya menjadi 4 gram perhari saja.

Makanan yang anda konsumsi mungkin akan menjadi hambar, tetapi cobalah padukan bumbu masakan lainnya sebagai pengganti garam agar makanan anda tetap terasa nikmat.

4. Kurangi makanan olahan

Makanan olahan saat ini sangat mendominasi di pasaran, penggunaannya yang cepat dan rasa malas mengolah makanan sendiri membuat banyak orang beralih menggunakan makanan olahan. Padahal di dalam makanan olahan mengandung bahan awetan yang dapat membahayakan tubuh untuk jangka panjang.

Bila anda malas mengolah bahan makanan maka cobalah untuk membuat makanan dalam jumlah yang besar agar anda tidak perlu memasaknya lagi tetapi cukup dihangatkan saja.

5. Mengkonsumsi kuaci segar

Biji kuaci bunga matahari mengandung magnesium yang sangat tinggi, selain itu biji bunga matahari juga mengandung pitosterol yang dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh adalah memicu hipertensi karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Namun perlu diingat sebaiknya mengonsumsi buah kuaci yang tidak mengandung garam.

6. Olahraga rutin

Tubuh yang tidak aktif atau jarang bergerak dapat memicu darah tinggi, jadi sebaiknya anda rajin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Berhubung penderita tekanan darah tinggi biasanya dialami oleh usia tua maka sebaiknya aktivitas fisik yang dilakukan adalah yang ringan – ringan saja seperti berjalan kaki, bersepeda, berkebun dan lain – lain.

**

Menurut para ahli hipertensi dapat diturunkan secara herediter, jadi bila orang tua anda mengalami hipertensi maka cobalah anda rutin memeriksakan diri kepada dokter karena bisa jadi anda juga terkena hipertensi.

(foto : corkhypnosisclinic.com)


Topik Terkait: , , , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>