Khasiat Kecantikan Kembang Sepatu

Manfaat HibiscusSejak dulu, tanaman kembang sepatu hanya dianggap sebagai tanaman pagar, digunakan sebagai penghias rumah agar lebih asri dan tampak indah.

Di beberapa negara Karibia, tanaman kembang sepatu dijadikan sebagai karangan bunga saat pernikahan karena diyakini mampu mengusir pertanda buruk.

Namun dibalik tampilannya yang indah, ternyata tanaman ini juga mengandung khasiat yang luar biasa indahnya, karena mengandung minyak yang tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk merawat kecantikan wajah dan rambut Anda.

Loading...

Simaklah beberapa manfaat kembang sepatu bagi kecantikan berikut ini:

Mengatasi Kulit Kering

Minyak dari tanaman kembang sepatu dapat berperan sebagai pelembab yang sangat baik. Mampu mengatasi kekeringan yang terjadi pada kulit serta mencegah kulit kasar dan pecah-pecah, mengatasi kulit bersisik dan mengelupas.

Mengatasi Ketombe

Salah satu cara terbaik untuk memerangi ketombe adalah dengan menggunakan kembang sepatu. Caranya cukup mudah, ambillah kembang sepatu kemudian remas-remas kelopak bunga hingga mengeluarkan minyak.

Usapkan minyak tersebut pada kulit kepala Anda dan berikan pijatan halus. Diamkan selama beberapa menit kemudian keramaslah seperti biasa. Minyak ini dapat mengurangi produksi ketombe dan membuat kulit kepala Anda menjadi lembab dan sehat.

READ:  4 Kesalahan Fatal Saat Program Diet

Mengurangi Rambut Rontok

Selain mengatasi ketombe, minyak dari kembang sepatu ini juga mampu mencegah rontoknya rambut yang disebabkan oleh ketombe. Lakukan perawatan ini secara teratur, agar akar rambut Anda tumbuh menjadi lebih kuat dan sehat, serta melindungi rambut dari segala macam kerusakan.

Menyuburkan Rambut

Jika Anda termasuk orang yang sering mengeluh karena rambut yang kurang kuat, minyak kembang sepatu adalah salah satu solusi terbaik. Vitamin alami yang terkandung dalam minyak kembang sepatu dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, membuat batang rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Anda bisa mencoba untuk menambahkan minyak ini ke dalam produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner atau produk perawatan lainnya.

Mencegah Uban

Salah satu fungsi terbaik dari minyak ini adalah untuk mencegah rambut Anda beruban sebelum waktunya. Minyak kembang sepatu dapat mencegah rambut beruban dan menggelapkan rambut Anda menjadi lebih hitam berkilau.

Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Keseringan memakai sandal biasanya akan membuat tumit menjadi kering dan pecah-pecah. Minyak kembang sepatu memainkan peran penting dalam hal perawatan kaki. Oleskanlah minyak kembang sepatu pada tumit Anda sebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya. Dengan cara ini tumit Anda akan terhindar dari pecah-pecah dan menjadikannya lebih halus.

READ:  9 Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

Menjadikan Awet Muda

Sinar matahari berlebih, polusi udara dan ruangan ber-AC adalah beberapa penyebab timbulnya kerutan dan spot hitam pada wajah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak kembang sepatu ke dalam air saat akan membasuh wajah. Minyak ini meningkatkan elastisitas dan fleksibilitas kulit, membuat kulit lebih halus dan lentur. Kulit Anda akan terlihat lebih sehat dan lebih muda.

Mengatasi Selulit

Minyak kembang sepatu adalah cara yang efektif untuk menyingkirkan selulit. Pijatlah area yang berselulit dengan minyak kembang sepatu setiap hari, pada pagi dan malam hari. Secara perlahan-lahan selulit akan hilang.

**

Tanaman kembang sepatu memiliki banyak khasiat alami yang telah memberikan kontribusi selama bertahun-tahun, terutama untuk perawatan rambut dan kulit. Namun terlepas dari kulit dan rambut, teh kembang sepatu juga dapat berperan sebagai antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba menggunakan kembang sepatu sebagai produk alami perawatan kecantikan Anda.

(foto: annmariegianni.com)