7 Tips Mempertajam Daya Ingat

Loading...

makanan otakSeberapa baik daya ingat (memori) yang Anda miliki? Apakah Anda termasuk orang yang selalu lupa di mana tempat meletakkan barang-barang Anda dan tidak mudah mengingat nama-nama orang yang baru bertemu dengan Anda?

Jika Anda orangnya, berarti Anda memerlukan 7 tips mempertajam daya ingat di bawah ini:

1. Aktifkan Pikiran

Semua orang tahu pentingnya berolahraga sehingga tubuh tetap aktif secara fisik. Olahraga penting agar bentuk dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

Bukan hanya tubuh Anda yang butuh diaktivasi, tapi otak juga membutuhkannya. Anda bisa mengaktivasi otak dengan mengerjakan kegiatan yang merangsang otak, seperti membaca koran, memecahkan teka-teki silang, bermain puzzle, serta  mengerjakan hal-hal baru seperti mengemudi dan main musik.

Ingatlah otak adalah bagian dari tubuh yang juga harus dijaga agar keaktifannya agar tetap sehat.

2. Sosialisasi

Lakukan sosialisasi (bergaul) dengan orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Bergaul bisa mengurangi tingkat stres dan depresi, dua hal yang berkontribusi bagi hilangnya memori otak.

READ:  5 Jenis Buah Sumber Nutrisi untuk Otak

Jangan lewatkan kesempatan berbaur dengan teman-teman dan orang yang Anda cintai. Jika Anda diundang ke pesta makan malam, pergilah. Sangat baik untuk bertemu berbagai jenis orang. Terlibat percakapan dengan mereka membuat otak Anda tetap aktif dan tajam.

3. Organisir Diri

Menurut banyak penelitian, orang cenderung mudah melupakan sesuatu jika rumah mereka berantakan atau catatan mereka tidak terorganisir dengan baik. Anda harus selalu membuat jurnal dan mencatat janji yang penting, peristiwa dan tugas-tugas. Pertahankan catatan kalender adalah salah satu cara terbaik untuk mempertajam memori.

Buatlah tempat-tempat khusus untuk barang-barang Anda. Simpan kunci dan barang penting lainnya di tempat khusus tersebut. Jika hal ini menjadi kebiasaan, maka secara bertahap otak Anda tidak perlu merasa tertekan jika harus menemukan barang-barang di rumah.

4. Fokus

Jangan mengerjakan tugas terlalu banyak pada waktu yang sama. Fokus pada informasi yang ingin diingat. Hal ini akan membantu dalam mengingat. Bahkan, bisa membantu mengigat hal-hal tertentu seperti lagu dan sebagainya.

READ:  Tips Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

Jika tidak mengingat sesuatu secara tepat, pastikan mengingat sesuatu yang akrab atau familiar dengan hal yang ingin kita ingat.

5. Olahraga teratur

Olahraga secara teratur meningkatkan aliran darah ke tubuh dan otak sehingga memori menjadi tajam. Orang dewasa yang sehat setidaknya harus melakukan aktivitas aerobik 150 menit ringan per minggu.

Bahkan 75 menit aktivitas berat per minggu juga tidak masalah untuk dilakukan. Hanya butuh 10 menit per hari berolahraga demi mendapatkan daya ingat yang lebih tajam.

6. Diet Sehat

Otak adalah bagian yang sama dengan organ tubuh lainnya. Tubuh harus tetap sehat agar otak juga sehat. Asupan gizi yang benar dalam diet sangat membantu memperkuat daya ingat.

Cobalah tingkatkan asupan sayuran, buah-buahan dan biji-bijan dalam menu harian. Makanlah protein rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan dan unggas tanpa kulit juga akan sangat baik. Perbanyak minum air putih, kurangi alkohol dan obat-obatan kimia.

7. Kelola Kondisi Kronis

Jika Anda berada dalam kondisi kronis karena berpenyakit tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, maag dan sebagainya, maka konsultasikan penyakit tersebut ke dokter untuk mendapatkan kesembuhan. Kelola stres agar tidak menjadi depresi dan daya ingat tetap terjaga.

READ:  Cara dan Tips Sederhana Menghilangkan Panu

Jika dokter memberikan obat-obatan, konsultasikan ke dokter untuk memastikan obat-obatan tersebut tidak menurunkan daya ingat.

(foto: website.2baware.netdna-cdn.com)