7 Alasan Utama Orang Gagal Melakukan Diet

Loading...

rahasia dietKetika orang mulai mengikuti diet, mereka melakukannya dengan niat baik.

Mereka memiliki gambaran yang jelas mengenai diet yang akan dilakukan di dalam pikirannya. Mereka bertekad  untuk mencapai tujuannya tidak peduli jalan yang harus ditempuh.

Meskipun demikian, mengikuti diet setelah beberapa hari bisa berubah menjadi hal yang tidak menyenangkan, terutama jika Anda memiliki metabolisme yang lambat sehingga berat badan tidak bisa turun dengan cepat.

Ada banyak alasan mengapa orang gagal untuk mengikuti diet yang sehat, namun berikut 7 alasan yang paling umum:

1. Terlalu Keras Pada Diri Sendiri

Salah satu alasan yang paling umum mengapa orang tidak bisa mengikuti diet adalah karena mereka terlalu keras pada diri mereka sendiri.

Jika Anda terbiasa makan makanan cepat saji dan bergula, dan lalu tiba-tiba Anda beralih ke diet yang hanya didasarkan pada buah atau sayuran, tubuh Anda akan sulit beradaptasi. Perubahan mendadak ini biasanya tidak berakhir dengan baik.

Anda tidak perlu terlalu keras pada diri sendiri, Anda tetap dapat menikmati makanan yang biasa Anda makan dengan porsi kecil dan sesekali saja. Diet harus dilaksanakan secara perlahan tapi pasti, tidak berubah secara mendadak.

READ:  7 Tips Diet Sehat

2. Tidak Mencatat Kemajuan

Jika Anda tidak mencatat kemajuan diet, bagaimana Anda bisa mengetahui berapa banyak berat badan yang sudah Anda turunkan. Seringkali, jika penurunan berat badan tidak signifikan, kita tidak bisa merasakannya.

Karena itu, penting sekali untuk menimbang berat badan secara teratur dan mencatat kemajuannya. Jadi, penurunan berat badan hanya sedikit, Anda bisa semakin termotivasi.

3. Fokus Pada Diet Saja

Dalam banyak kasus, diet saja tidak cukup membantu menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan. Jika Anda memiliki tujuan penurunan berat badan yang besar, maka diet harus diikuti dengan perubahan gaya hidup.

Olahraga secara teratur dan perbaiki kualitas tidur adalah mutlak harus dilakukan.

4. Tidak Mendapatkan Dukungan Moril dari Teman atau Keluarga

Dukungan moral sangat penting bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan, apalagi dalam jumlah besar. Proses ini serius dan sangat sulit yang harus melibatkan banyak tekad dan kemauan keras. Kadang-kadang orang cenderung kehilangan dukungan dari orang-orang yang disayangi ketika melakukan diet.

READ:  5 Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan

Anda berusaha makan buah dan sayuran sepanjang hari, namun saudara Anda pulang ke rumah dengan kue cokelat yang lezat dan makan tepat di depan Anda. Hal itu tentu sangat tidak membantu program diet Anda.

Sebagai manusia, kita butuh dukungan terus-menerus agar kita berhasil mencapai tujuan kita. Oleh karena itu, teman-teman dekat dan keluarga Anda harus menyadari sepenuhnya rencana diet Anda sehingga bisa mendukung dan membantu Anda mewujudkannya.

5. Kurang Berambisi

Orang yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) mengalami pertempuran yang terus-menerus dengan lemak. Bahkan, jika mereka berhasil menurunkan jumlah berat badan dan mencapai ukuran normal, maka mereka masih harus berjuang mencegah efek rebound.

Di sinilah pentingnya ambisi dalam melangkah. Sayangnya, banyak orang yang gagal berdiet karena mereka menerima kekalahan dengan mudahnya—banyak orang yang bahkan menyerah sebelum memulai.

6. Metabolisme lambat

Banyak orang yang menghadapi masalah metabolisme yang lambat. Mereka sudah berusaha melakukan diet yang “kejam” dan mengikuti fitness, namun penurunan berat badan tidak secepat yang diinginkan. Hal ini membuat orang kehilangan motivasi diet karena mereka kurang sabar.

READ:  Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan

7. Diet Malnutrisi

Banyak orang yang terlalu fokus pada diet tanpa menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh mereka. Diet harus rendah kalori, tidak rendah nutrisi dan vitamin, mineral dan asam amino yang memainkan peran penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Karena kekurangan nutrisi, Anda merasa lapar sepanjang hari, dan akhirnya menyerah. Jangan remehkan kelaparan jika Anda diet, karena itu dapat menggagalkan diet Anda. Pastikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh Anda.

(foto: laspatherapiemalahide.ie)