Jenis Sayuran Terlarang untuk Penderita Diabetes

sayuran terlarang bagi penderita diabetesKetika Anda didiagnosis menderita penyakit diabetes, Anda harus mulai berhati-hati dalam hal pemilihan makanan. Anda sudah tidak bebas mengkonsumsi segala jenis makanan yang Anda sukai.

Pada umumnya orang memiliki kesalahpahaman, menganggap bahwa semua jenis sayuran selalu sehat untuk dikonsumsi. Namun sebenarnya tidak semua sayuran dapat dimakan oleh penderita diabetes.

Itulah sebabnya mengapa sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengetahui sayuran apa yang bisa dikonsumsi dan mana yang tidak bisa.

Sebagian besar sayuran yang tumbuh di bawah tanah seringkali mengandung indeks glikemik yang sangat tinggi. Jenis sayuran tersebut tentunya dapat meningkatkan tingkat gula darah dengan cepat. Penderita diabetes harus menghindari sayuran yang memiliki indeks glikemik yang tinggi karena dapat memperburuk kondisi pasien penderita diabetes.

Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran sehat yang buruk bagi penderita diabetes, yang wajib dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas:

1. Kentang

Kentang adalah sayuran manis yang juga memiliki pati. Sayuran ini sangat kaya akan karbohidrat sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi gemuk. Jadi jika Anda menderita diabetes, sebaiknya jangan mengkonsumsi sayuran ini.

2. Ubi

Ubi merupakan tanaman yang tubuh dibawah tanah sehingga mengandung indeks glikemik tinggi. Sama seperti kentang, ubi tidak baik dikonsumsi bagi Anda penderita diabetes karena dapat meningkatkan gula darah dengan cepat.

3. Kacang-kacangan

Kacang meskipun tidak manis, namun mengandung pati. Kacang adalah makanan yang sehat jadi Anda tidak perlu benar-benar menghindarinya. Namun sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Khusus bagi penderita diabetes, ketika ingin menyantap kacang-kacangan, rebus atau pangganglah terlebih dahulu.

4. Akar bit

Mungkin sebagian dari Anda jarang mendengar jenis sayuran ini, namun yang jelas akar bit adalah jenis tanaman yang tumbuh di dalam tanah dan mampu menyerap seluruh zat manis dalam tanah. Jadi pertimbangkanlah terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, jangan terlalu sering.

5. Labu

Labu termasuk jenis sayuran yang mengandung indeks glikemik sangat tinggi. Meskipun memiliki banyak nutrisi, sebaiknya Anda menghindari sayuran labu karena dapat berdampak buruk bagi penderita diabetes.

6. Tomat

Secara teknis, tomat termasuk kedalam jenis buah-buahan, namun sering dianggap dan digunakan sebagai sayuran. Tomat mengandung asam sitrat di dalamnya, namun pada dasarnya tomat memang sudah berasa manis. Sebaiknya hindari tomat dalam salad dan jangan terlalu banyak menggunakan tomat dalam masakan Anda.

7. Jagung

Kita semua tahu bahwa jagung adalah sayuran manis, selain itu mengandung karbohidrat yang tinggi. Jagung wajib dihindari bagi Anda penderita diabetes.

8. Batang pisang

Batang pisang sering digunakan sebagai menu sayuran lezat yang menyehatkan. Namun karena rasa manis yang dimilikinya, penderita diabetes sebaiknya berhenti mengkonsumsi batang pisang.

**

Diabetes mungkin memang tidak dapat disembuhkan namun masih bisa dikontrol. Merupakan penyakit turunan dan dianggap sebagai penyakit orang tua, yang hanya menyerang mereka yang lanjut usia, namun diabetes juga bisa menyerang siapa pun baik tua maupun muda.

Jadi penderita diabetes wajib hukumnya untuk menjalani gaya hidup sehat dengan memperhatikan pola makan yang baik, berolahraga secara rutin dan istirahat yang cukup. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran yang aman untuk penderita diabetes dan menghindari jenis sayuran terlarang di atas.

Semoga bermanfaat.

(foto: sheknows.com )

Topik Terkait: , , , ,

Berikan Komentar