Khasiat Istimewa Kacang Panjang

manfaat kacang panjangKacang panjang adalah salah satu sayuran yang sudah tidak asing lagi dalam keseharian kita.

Apalagi kacang panjang ini mudah didapatkan di mana-mana dengan harga yang sangat terjangkau sehingga masyarakat dari kalangan bawah sampai berkelas menyukai sayuran yang satu ini.

Meskipun hampir setiap hari kita mengonsumsi sayuran ini, banyak di antara kita yang kurang tahu kandungan apa saja yang dimiliki oleh kacang panjang dan apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Loading...

Oleh karena itu, kami berbagi informasi mengenai kandungan dan manfaat apa saja yang dimiliki oleh kacang panjang, simak ya:

Pencegah kanker payudara

Kanker payudara adalah pertumbuhan sel payudara yang tidak terkendali pembelahannya disebabkan perubahan tidak normal dari gen yang bertanggung jawab atas pengaturan pertumbuhan sel.

Mutasi yang terjadi di payudara yakni sel membelah secara terus menerus dan tidak terorganisir hingga menimbulkan benjolan,  itulah yang disebut kanker payudara.

Kandungan antioksidan dan fungsi antimikroba yang terdapat dalam kacang panjang dapat menurunkan risiko kanker payudara sehingga dengan mengkomsusmsi kacang panjang secara rutin dapat menghindarkan anda dari penyakit mematikan ini.

READ:  Berbagai Cara Penggunaan Essential Oil

Memperindah payudara

Dalam hal kandungan vitamin yang terdapat pada kacang panjang ini, yang menarik adalah kacang panjang berkhasiat dalam hal memberikan keindahan pada payudara wanita.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menumbuk halus kacang panjang dan dibalurkan pada payudara yang kondisinya sudah aseptis (bersih), lakukan hal tersebut 2 kali sehari untuk perawatan.

Tujuan dari pembaluran ini yakni vitamin yang terkandung dalam kacang panjang membantu bagian payudara melakukan regenerasi sel untuk mempertahankan fungsi payudara karena sel-sel yang sudah mati secara terprogram (apoptosis)  bisa terganti dengan sel yang baru dan lebih sehat sehingga membuat payudara makin indah dan kencang.

Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat atau fiber yang tinggi pada kacang panjang memberikan efek yang baik bagi sistem pencernaan.

Pasalnya, serat yang tinggi akan memperlancar sistem seksresi sehingga menghindarkan tubuh dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar (BAB), wasir bahkan mencegah dari penyakit yang lebih berbahaya lagi seperti kanker usus besar dan juga kanker tukak lambung yang mematikan.

READ:  Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Aman

Kandungan antikosidan lain dalam bentuk riboflavin pada kacang panjang ini mengurangi resiko terjadinya kanker terutama kanker darah (leukimia) yang ditandai dengan wajah yang pucat dan kondisi kesehatan tubuh yang menurun drarstis.

Menjaga tubuh dari berbagai penyakit akut

Kacang panjang ini memiliki vitamin yang cara kerjanya sama dengan hormon insulin yakni mengontrol kadar gula berlebih sehingga mencegah terjadinya penyakit gula (Diabetes melitus). Kandungan lain yang dimiliki kacang panjang ini juga menghindarkan tubuh dari penyakit jantung dan kelainan pada sistem pembuluh darah (kardiovaskuler).

Selain  vitamin yang dimilikinya, kelebihan kacang panjang  lainnya adalah bebas lemak jenuh, bebas kolesterol, rendah sodium sehingga kacang panjang cenderung aman dikonsumsi bagi mereka yang bermasalah dengan penyakit berat sehingga menghindarkan tubuh dari penyakit kegemukan (obesitas).

**

Apabila kita menderita suatu jenis penyakit maka dengan mengkomsumsi sekali dua kali obat-obat tradisional tidak akan serta merta langsung menyembuhkan penyakit kita, diperlukan ketelatenan agar bisa sembuh.

Semoga apa yang dipaparkan bisa memberikan manfaat bagi kita semua.