Manfaat Kesehatan dari Membaca Buku

manfaat membaca bukuSering kita mendengar ungkapan bahwa buku adalah jendela dunia. Namun tanpa membaca buku maka kita tidak akan mengetahui ilmu yang ada di dunia ini.

Aktivitas dan jumlah buku yang dibaca setiap individu berbeda – beda tergantung pada minat dan kebutuhannya.

Seperti dilansir dari penelitian Human Development Index (HDI) yang dikeluarkan oleh UNDP untuk melek huruf pada 2009 mengatakan bahwa siswa di negara berkembang membaca buku sangat banyak dibandingkan pada negara berkembang maupun terbelakang.

Negara Amerika mewajibkan siswanya untuk membaca 32 judul buku, Belanda 30 judul buku, Jepang 22 judul buku, sementara Indonesia 0 buku.

Membaca selain dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan juga memiliki efek positif terhadap kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat membaca bagi kesehatan kita.

1. Memperlambat penurunan kekuatan otak

Para peneliti dari Rush University Medical Centre, Chicago, Amerika Serikat mencoba melalukan pengamatan terhadap 294 orang yang berusia diatas 55 tahun, kemudian diberikan tes kognitif setiap 6 tahun hingga mereka meninggal pada usia rata – rata  89.

READ:  Berbahayakah Membaca Novel Romantis bagi Seorang Wanita?

Mereka juga diberikan kuesioner untuk mengetahui kegiatan mereka yang tentang aktivitas membaca  buku, menulis, dan aktivitas yang merangsang memori selama masa anak – anak, remaja, usia pertengahan dan usia mereka saat itu.

Setelah meninggal otak mereka diperiksa bukti tanda – tanda demensia, dan ditarik kesimpulan bahwa orang yang aktif membaca memiliki penurunan memori yang lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang kurang membaca.

2. Melatih otak

Membaca buku secara rutin mampu menjaga otak agar selalu bekerja secara sempurna. Hal ini disebabkan ketika membaca maka otak kita akan dituntut untuk selalu berpikir lebih sehingga membuat otak menjadi cerdas.

3. Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah kondisi  dimana sel – sel saraf di otak mati sehingga menyebabkan ingatan jangka panjang menghilang.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa latihan otak dengan sering membaca buku ataupun menjawab teka teki silang dapat menunda atau mencegah kita kehilangan memori. Hal ini disebabkan rajin membaca dapat merangsang sel – sel otak dapat terhubung dan tumbuh.

READ:  5 Jenis Pengobatan Tradisional Indonesia

4. Meningkatkan konsentrasi

Orang yang rajin membaca akan memiliki konsentrasi dan fokus  yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang kurang membaca. Kemampuan ini dapat membantu untuk memiliki perhatian penuh dalam kehidupan sehari – hari.

5. Menghilangkan Stress

Bila anda sedang mengalami stres cobalah meraih buku dan bacalah  untuk meredakan stres anda. Kekayaan bacaan dapat membantu menenangkan dan menghilangkan stres.

Selain itu fokus dalam satu hal dari buku bacaan dapat membantu menghilangkan masalah di pikiran sehingga membuat tenang.

**

Demikianlah 5 manfaat membaca untuk kesehatan tubuh. Jadi perbanyak lagi membaca buku agar wawasan tentang dunia ini semakin luas.

(foto : twinfernosa.blogspot.com)