aplikasi games android untuk anakAndroid adalah sistem operasi yang berbasis linux untuk smartphone atau komputer tablet.

Android memiliki sistem open source sehingga para pembuat aplikasi dapat mengembangkan aplikasi untuk android dengan mudah. Tak heran bila sampai tahun 2012 jumlah aplikasi berbasis android sudah mencapai 400.000  aplikasi dan akan terus bertambah jumlahnya.

Jumlah pengguna android saat ini semakin meningkat dan mengalami kenaikan 40 persen setiap tahunnya, hal ini disebabkan oleh harga smartphone berbasis android sangat terjangkau serta didukung aplikasi yang menarik tentunya.

Untuk pengguna android, sudah mulai digunakan oleh orang dewasa hingga anak – anak. Tetapi dari beberapa penelitian ternyata android masih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh warga Indonesia sebab perangkat tersebut hanya digunakan untuk bermain games terutama anak – anak.

Kecanduan bermain games bagi anak – anak akan berdampak buruk bagi diri dan masa depannya. Sebab anak akan malas belajar dan lebih memilih bermain games.  Biasanya sulit untuk menghilangkan kebiasaan bermain games anak – anak.

Nah agar anak tidak merasa tertekan saat dipaksa belajar maka sebagai orang tua mengambil jalan lain dengan menginstal aplikasi games mendidik di android sehingga anak dapat bermain sambil  belajar.

Berikut ini beberapa aplikasi games android yang berfungsi ganda, bermain dan belajar.

1. Kids Preschool Puzzle Lite

Aplikasi ini cocok untuk anak anda yang berusia antara 3 sampai 6 tahun.

Aplikasi ini mengajak anak untuk memecahkan 20 teka teki gambar sederhana, dimana anak harus mengatur potong – potongan berwarna untuk membentuk sebuah model tertentu. Lebih menantang jika menggunakan versi pro.

Aplikasi ini mudah dimengerti oleh anak – anak sehingga dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif,  keterampilan spasial visual, bentuk, dan keterampilan motorik mereka.

2.  Kids Connect the Dots Lite

Permainan ini menyuruh anak untuk menghubungkan semua titik – titik dalam fotmat digital penuh. Jika berhasil maka otomatis akan muncul gambar berwarna membentuk sebuah binatang atau benda – benda tertentu.

Aplikasi ini cocok untuk anak berumur 3 sampai 7 tahun.

3.  Dinosaurs Coloring Book

Belajar mewarnai sebaiknya diajarkan sejak dini kepada anak anda agar kreativitas mereka dapat berkembang dengan baik. Aplikasi ini dapat membantu anak anda untuk belajar mewarnai dinosaurus, ada lebih dari 90 gambar dinosaurus yang dapat dipilih untuk diwarnai.

Anak dapat memilih warna favorit dan disukai mereka, bahkan mereka dapat memperbesar gambar agar dapat memberikan warna pada detail bagian – bagian dinosaurus tersebut.

4.  KIDS Match’em

Aplikasi ini dapat membantu mengasah kemampuan mengingat anak – anak. Dimana mereka akan belajar belajar mengingat letak dan posisi kartu tertentu untuk dicocokkan nantinya.

Aplikasi ini memiliki grafis yang tinggi dan efek suara yang baik sehingga membuat anak – anak tertarik untuk memainkan games ini.

5. Talking Kids Math and Numbers

Jika kesulitan mengajarkan anak – anak untuk berhitung cobalah aplikasi ini. Aplikasi ini akan memunculkan nomor dan pinguin lucu untuk dijawab anak – anak.

Aplikasi ini menarik untuk mengajarkan sejak dini kepada anak anda mengenai penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

6. AniWorld Lite

Aplikasi ini akan mengajarkan anak anda untuk mengenal dan mengetahui nama – nama hewan yang berbeda – beda. Selain itu juga mereka dapat memberikan makan hewan peliharaan miliknya.

7. Kids Paint Free

Anak – anak yang berumur 4 sampai 6 tahun biasanya sangat suka sekali mencoret – coret dan menggambar sesuatu. Nah aplikasi ini dapat membantu mengasah kemampuan menggambar mereka. Anak – anak dapat melatih kemampuan seni menggambar menggunakan jari – jari mereka.

Aplikasi ini sederhana dengan latar belakang hitam. Ada banyak warna menarik untuk dipilih anak anda menggambar

**

Nah, itulah aplikasi games android untuk mendidik anak. Mulai saat ini gunakanlah teknologi untuk hal – hal yang dapat meningkatkan kecerdasan kita, bukan sebaliknya.

(foto : androidapkcollection.blogspot.com)