Trik Windows Untuk Diagnosis Memori

RAM KomputerRAM

Komputer hang atau tiba-tiba restart, biasanya kita akan panik dan segera mengecek apa yang terjadi. Jika overheating tampaknya bukanlah menjadi penyebab dan kemudian layar biru selalu tampak, maka sudah jelas bahwa sumber masalah ada pada memori RAM.

Untuk mengecek, lakukan langkah-langkah berikut:

Loading...

Akses Control Panel> System dan Keamanan > Administrative Tools. Dalam daftar, carilah ikon Windows Memory Diagnostic dan klik dua kali secara cepat. Windows akan meminta Anda untuk me-restart komputer untuk analisis.

Ketika Anda me-restart komputer, Windows 7 akan memastikan apakah memang ada masalah terkait modul memori RAM komputer, memverifikasi informasi dan merinci kesalahan-kesalahan yang terjadi.

Jika tombol F1 diklik, akan ada opsi tambahan yang memungkinkan Anda untuk menentukan sendiri berapa kali proses iterate diperlukan.

Proses ini akan berlangsung lama, akan tetapi disarankan untuk tetap memberi perhatian lebih ke komputer selama proses sedang berlangsung. Soalnya pada beberapa kasus fatal error terjadi dan komputer tiba-tiba reboot tanpa peringatan.

Semoga tipsnya berguna 🙂

READ:  6 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal yang Berkualitas dan Bagus

(foto: xtimeline.com)