6 Tips Wisata bagi Pelancong Wanita

Loading...

wanita traveling sendiriSebagai kaum hawa, berwisata seorang diri kedengarannya agak sedikit menakutkan. Hal ini diakibatkan karena wanita sangat sering menjadi target kejahatan.

Oleh karena itu jika Anda seorang wanita dan ingin bepergian seorang diri, harus ada keamanan diri yang ekstra.

Ada berbagai macam alasan yang membuat seorang wanita selalu menjadi target kejahatan.

Wanita sering kali memiliki kesadaran yang kurang akan keadaan di sekitarnya atau di lingkungan sekeliling, wanita memiliki bahasa tubuh yang cenderung malu-malu. Disamping itu wanita sering berada di tempat yang salah pada waktu yang salah.

Jadi ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kejahatan yang menargetkan wanita sebagai korbannya, seperti berikut ini:

Berlaku seperti sedang di kota sendiri

Wanita harus lebih peka terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang bisa terjadi kapan saja. Anda harus selalu waspada, berhati-hatilah saat berada pada lingkungan yang ramai, karena mungkin saja merupakan lingkungan yang paling berbahaya.

Ketika Anda seorang wanita dan berwisata sendirian, hindari jalanan-jalanan gelap dan kosong terutama pada malam hari. Ada baiknya untuk mengasuransikan diri selama berwisata.

READ:  Ingin Rambut Sehat? Konsumsi 5 Vitamin Ini

Ikuti insting Anda

Seorang wanita selalu dianggap memiliki insting yang kuat. Ketika Anda merasakan sesuatu yang aneh di sekitar Anda, tanggaplah dengan cepat.

Berlarilah kemudian berteriak sekeras mungkin untuk menarik perhatian orang-orang sehingga Anda bisa mendapatkan pertolongan.

Menjaga pakaian dengan mengikuti budaya setempat

Anda harus memperhatikan cara berpakaian di budaya setempat, lakukan komunikasi dan berbaur dengan warga setempat dengan menggunakan busana yang tepat. Jika Anda membawa pakaian yang tidak sesuai dengan budaya berpakaian warga setempat, sebaiknya jangan dikenakan.

Sediakan jaket panjang yang bisa Anda pakai ketika bepergian pada malam hari untuk menutupi bagian-bagian tubuh Anda.

Jaga bahasa tubuh Anda

Berjalanlah dengan penuh rasa percaya diri. Bahasa tubuh yang ragu-ragu akan membuat Anda menjadi sasaran empuk tindak kejahatan seperti penipuan.

Jika Anda merasa sedang diawasi atau diikuti, laporkan segera pada petugas setempat. Cobalah duduk dengan sekumpulan wanita atau keluarga lain, agar Anda terlihat seperti bagian dari mereka.

Gunakan cincin kawin

Jika Anda sudah menikah, gunakan cincin kawin Anda saat bepergian. Cincin kawin dapat menghindari tatapan orang sekitar tentang detail di tubuh Anda.

READ:  7 Tips Aman Traveling Sendirian

Bagi wanita lajang, letakkan cincin Anda di jari manis agar orang-orang menganggap cincin tersebut adalah cincin kawin.

Bawa uang yang cukup, jangan berlebih

Bawalah uang secukupnya ketika bepergian. Jangan perlihatkan kepada orang lain bahwa Anda mempunyai uang yang berlebih. Anda juga harus waspada terhadap orang-orang yang menawarkan makanan dan minuman.

**

Anda seorang wanita, dan ingin berwisata seorang diri? Mengapa tidak! Dengan memperhatikan hal-hal penting bagi wisatawan wanita di atas, Anda tidak perlu merasa khawatir.

Selain poin-poin di atas, Anda juga harus selalu memanjatkan doa agar selalu terlindungi dan terhindar dari hal buruk yang tidak diinginkan.