5 Makanan untuk Pertumbuhan Rambut

rambut sehat panjangApakah Anda lelah bereksperimen dengan metode modern seperti penggunaan shampo ataupun vitamin untuk membuat rambut Anda dapat tumbuh panjang dengan cepat?

Nah, Anda dapat mencoba metode dengan menggunakan bahan alami atau mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang memang memiliki khasiat khusus dapat membuat rambut Anda panjang dalam waktu yang mungkin akan terbilang cepat.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat Anda coba untuk lebih cepat memanjangkan rambut Anda.

1. Padi-padian

Biasanya wanita jarang memasukkan biji-bijian dalam menu diet harian mereka.

Namun penelitian mengatakan, bahwa biji-bijian sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Seluruh biji-bijian yang diperkaya dengan zat besi, silika, dan seng dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Penting untuk memasukkan biji-bijian seperti gandum dan beras merah dalam menu harian Anda jika ingin memanjangkan rambut Anda dalam waktu yang cepat. Kandungan biji-bijian yang kaya akan vitamin B7 sangat  baik untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu biji-bijian juga dapat mencegah rambut rontok. Beberapa jenis  biji-bijian lain termasuk jagung, dedak gandum, dan quinoa.

2. Aprikot, alpukat, dan kiwi

Mungkin jenis buah di atas akan sedikit sulit untuk Anda dapatkan, tetapi kenyataannya buah tersebut sangat kaya dengan vitamin A, E, dan antioksidan.

Vitamin E membantu untuk mempromosikan pertumbuhan rambut alami. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala, yang mencegah rambut rontok. Antioksidan membantu mencegah rambut rontok berlebihan, dan meningkatkan pertumbuhan rambut agar semakin sehat.

Bahkan jika Anda mengkonsumsi hanya dua jenis buah di atas setiap hari, akan membuat perbedaan dalam pertumbuhan rambut Anda.

3. Jamur

Apakah Anda tahu bahwa ternyata jamur kaya akan tembaga? Fungsi utama dari tembaga yaitu sebagai peran utama dalam penataan rambut dan pertumbuhan rambut.

Beberapa jenis makanan yang juga mengandung tembaga yaitu biji wijen, asparagus, dan biji bunga matahari. Makanan ini termasuk dalam jenis makanan yang dapat membantu untuk mencegah rambut rontok.

4. Telur dan Susu

Anda pasti semua setuju jika telur dan susu merupakan salah satu sumber alami dari protein. Ya, protein adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut sehingga membuatnya tetap terlihat sehat.

Protein membantu untuk mengganti rambut yang lama dengan rambut baru dan mencegah infeksi kulit kepala. Berbagai sumber protein dapat dimasukkan dalam diet harian untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Sumber-sumber lain dari protein dapat Anda peroleh dari  keju, kacang kedelai, dan kacang-kacangan.

5. Kecambah

Kecambah alami sudah dikenal sejak dulu dapat mempercepat dan menyuburkan rambut. Bahkan kebanyakan ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kecambah agar bayi yang dilahirkan nanti memiliki rambut yang lebat dan hitam.

Kandungan vitamin B2, seng, dan magnesium dalam kecambah sangat berperan untuk pertumbuhan rambut karena membantu membuat rambut Anda lebih sehat. Vitamin yang terkandung di dalamnya juga dapat memperkuat rambut Anda dan mencegah rambut rontok.

Jadi, usahakan untuk mengkonsumsi kecambah sekali dalam seminggu untuk membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat.

**

Demikian beberapa jenis makanan yang mempercepat pertumbuhan rambut, yang dapat kami bagikan pada Anda. Sertakan beberapa jenis makanan di atas dalam daftar menu harian Anda dan bersiaplah terkejut melihat laju pertumbhan rambut Anda.

(foto: sheknows.com)

Topik Terkait: , , ,
0 comments