Manfaat Hebat Minum Air Buah Lemon

Loading...

manfaat air lemonSaat menyajikan minuman segar, satu iris buah lemon yang ditempelkan pada bibir gelas akan menjadikannya cantik dan menggoda selera.

Tapi, manfaat lemon tak berhenti di sana. Terdapat manfaat lain yang cukup besar bila dibandingkan kemudahan penyajiannya.

Ingin tahu apa saja? Berikut ini manfaat meminum air buah lemon sebagaimana dilansir Livestrong.com:

Perasan Air Lemon Bisa Menjadi Solusi Alami

Bukan hanya sebagai dekorasi gelas, tetapi memberi manfaat lebih untuk tubuh. Peras lemon dan campurkan ke dalam air minum Anda. Banyak penyakit fisik dapat diatasi dengan menggunakan vitamin alami, mineral dan makanan.

Air lemon adalah salah satu obat alami yang menimbulkan hasil positif. Perlu dicatat bahwa jus lemon yang dikemas serta dipasteurisasi tidak masuk hitungan.

Lemon harus segar – semakin berat semakin baik ketika dipilih dari pedagang buah. Dengan harganya yang cukup murah, lemon bisa menjadi minuman kesehatan yang terjangkau dan pantas dicoba.

Selain segar, rasa yang sejuk,  dan berkualitas antiseptik, lemon bisa jadi merupakan jawaban alami beberapa masalah kesehatan Anda.

READ:  Buah Kiwi Baik Bagi Kulit, Tubuh, dan Kualitas Tidur

Membersihkan Sistem Tubuh

Jethro Kloss memberi rincian nilai lemon dalam bukunya, “Back to Eden.” Dia menjelaskan bagaimana lemon mencegah sepsis, atau penumpukan bakteri di dalam tubuh. Mereka juga anti-scorbutic, istilah yang merujuk pada kemampuan mereka mencegah penyakit dan membantu memurnikan tubuh dari kotoran.

Dalam bukunya, “You Are What You Eat” Dr Gillian McKeith menyatakan, “Secangkir air hangat di pagi hari (dan bahkan lebih baik dengan perasan  lemon) mengalir langsung ke perut dan membersihkan lendir yang keluar dari sehari sebelumnya. Minumlah juga secangkir lagi di malam hari”.

Membantu Pencernaan

Lemon juga bisa meredakan gejala gangguan pencernaan, seperti mulas, kembung, gas dan kram. Minum air lemon secara teratur akan membantu pembersihan usus, yang membantu meredakan sembelit dan diare.

Satu sendok teh jus lemon dalam setengah gelas air membantu meredakan mulas. Jus dari 3-4 buah lemon juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengurangi aliran menstruasi berlebihan, menurut Ann Heustad dalam artikelnya, “The Amazing Health Benefits of Drinking Lemon Water.”

READ:  8 Manfaat Menakjubkan Air Hangat dan Perasan Lemon

Yang terbaik adalah mencampur jus lemon dengan air sejuk atau hangat. Hindari suhu air yang ekstrim, “karena akan merusak lapisan perut lambung,” saran Dr McKeith.

Merangsang Fungsi Hati

Menurut Kloss, air lemon melarutkan asam urat dan racun lainnya di dalam hati, mencairkan empedu dan membantu meringankan kasus malaria.

Lemon mengandung banyak kalium dan sangat efektif dalam mengobati biliousness, gejala kelainan hati, yang menyebabkan sembelit, sakit kepala, muntah empedu dan hilangnya nafsu makan.

Orang dengan keluhan hati harus minum jus lemon hangat satu jam sebelum sarapan setiap pagi, demikian menurut Kloss.

***

Demikian manfaat minum air perasan buah lemon. Setelah mengetahui manfaat perasan air lemon bagi kesehatan, tak ada salahnya sekali-sekali menambahkan lemon ke dalam air putih sebagai pendamping pemenuhan kebutuhan air harian Anda.

(Foto: Ilkin – flickr.com)