9 Cara Mengejutkan Perbaiki Mood Anda!

cara memperbaiki moodMungkin Anda memiliki hari yang stres di tempat kerja dan sekarang Anda tidak bisa melepaskan diri dari suasana hati yang buruk. Jangan khawatir!

Berikut adalah 9 hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan sekarang yang telah terbukti dapat memperbaiki suasana hati buruk hanya dalam beberapa menit, dilansir dari Care2.com:

1. Bernyanyi

Kabar baik untuk penyanyi kamar mandi. Peneliti Columbia University menemukan bahwa mereka yang menyanyikan lagu-lagu favorit mereka 81 persen lebih kecil kemungkinannya untuk jatuh ke dalam suasana hati yang buruk.

Loading...

Rupanya, menyanyikan lagu andalam dan menampilkan suara terbaik Anda tidak hanya sekedar membangunkan tetangga Anda, tetapi hal ini juga menghasilkan getaran di otak yang memberikan kejutan untuk produksi endorfin, membantu Anda merasa tenang selama satu jam atau lebih.

2. Membau Sesuatu yang Membangkitkan Kenangan

Anda tahu bagaimana bau parfum kekasih SMA Anda yang ia gunakan 15 tahun yang lalu langsung dapat mengangkut otak Anda kembali ke waktu mesra dalam hidup Anda? Bau tertentu baik untuk memicu kenangan dan perasaan nostalgia dan Anda dapat menggunakannya untuk keuntungan Anda.

READ:  Tips dan Cara Mengatasi Cegukan

Memori aroma membangkitkan kenangan adalah hal menyenangkan yang benar-benar dapat meningkatkan mood Anda dan menurunkan tingkat stres Anda. Jadi majulah dan endus beberapa oatmeal cookies atau apa pun yang membawa kenangan nostalgia Anda kembali.

3. Nonton Video YouTube

Ingat waktu Anda mengunjungi kehebatan alam seperti Grand Canyon? Anda mungkin merasa cukup kagum dan hebat dan semua jenis hal baik lainnya, kan? Nah, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science, ada penjelasan: pemandangan menakjubkan membuat kita merasa lebih hadir dan memperluas pengertian kita tentang waktu, yang pada gilirannya membuat kita merasa lebih bahagia dan bahkan dapat menyebabkan kualitas hidup yang lebih baik dalam jangka panjang.

Kabar baiknya? Anda tidak harus ke sana lagi untuk mendapatkan manfaatnya – nonton saja video seperti eksplorasi ruang angkasa atau air terjun (bahkan walau hanya untuk beberapa detik).

4. Memelihara Hewan

Penelitian mengungkapkan bahwa membelai hewan peliharaan dapat menurunkan denyut jantung, menurunkan kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuh Anda, dan meningkatkan kadar oksitosin yang memberikan perasaan baik. Satu studi bahkan menemukan bahwa membelai boneka hewan dapat memiliki efek meningkatkan kekebalan tubuh.

READ:  Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

5. Berikan Pujian pada Seseorang

Hei, kau terlihat sangat cantik hari ini! Aku suka rambutmu! Man, aku sudah merasa lebih baik. Dan itu mungkin karena memberikan pujian telah terbukti dapat meningkatkan mood dan menurunkan stres, penelitian telah menemukan bahwa bersemangat terhadap orang lain dapat meningkatkan kadar hormon bahagia – dopamin, endorfin, dan oksitosin – Anda.

6. Makan Makanan Pedas

Bad day di tempat kerja? Belilah makanan pedas saat perjalanan pulang. Makanan pedas mengandung sesuatu yang disebut capsaicin, senyawa yang menambahkan unsur panas ke makanan Anda. Hal ini juga memberikan otak Anda dorongan endorfin, menempatkan Anda dalam suasana hati yang lebih baik dalam hitungan menit, kata para peneliti.

7. Membeli Tanaman 

Sebuah penelitian menemukan bahwa tukang kebun cenderung kurang menampilkan tanda-tanda depresi daripada yang lainnya, dan bahwa 80 persen dari tukang kebun merasa puas dengan kehidupan mereka, dibandingkan dengan 67 persen yang bukan tukang kebun.

Tapi Anda tidak harus mengubah profesi untuk mendapatkan manfaat: hanya dengan menambahkan tanaman di rumah atau kantor Anda dapat mengurangi stres dan membuat Anda merasa lebih termotivasi dan produktif, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam HortScience.

8. Ambil Selimut

Saat mengalami hari yang buruk kadang Anda hanya ingin masuk ke bawah selimut dan bersembunyi. Ikuti naluri Anda!

READ:  15 Makanan Sehat Untuk Ginjal Sehat

Otak dan tubuh terkait, dan para peneliti telah menemukan bahwa sensasi dari memiliki sesuatu yang menenangkan menyentuh kulit Anda benar-benar dapat memberikan dampak yang signifikan pada suasana hati Anda.

9. Mandi Air Hangat

Memanaskan suhu inti tubuh Anda dapat mempengaruhi otot, mengurangi aktivitas internal dan memberikan Anda perasaan relaksasi. Anda dapat melakukan pemanasan dengan berolahraga, tetapi jika Anda merasa sedikit terlalu pemarah untuk melakukan treadmill, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mandi air hangat.

(foto: humintell.com)