5 Manfaat Tidur Bersama si Kecil

tidur bersama si kecilBanyak di antara orang tua yang tidak ingin tidur dengan anaknya dengan alasan tidak ingin tidurnya terganggu. Mereka menyewa babysister untuk mengurusi buah hatinya padahal seorang bayi itu sangat membutuhkan dekapan hangat orang tua untuk menguatkannya.

Oleh karena masalah ini, maka kami akan berbagi informasi bahwa begitu banyak manfaat yang akan diperoleh dari tidur bersama anak-anak.

Berikut akan dipaparkan sebagain dari manfaat tidur bersama si kecil:

Loading...

 1. Anak lebih mandiri

Menciptakan kemandirian pada anak, dengan berdasar sebuah penelitian yang mengatakan bahwa tidur satu ranjang bersama-sama anak tidak akan membuat anak menjadi cemas dan manja.

Melainkan mereka akan menciptakan kemandirian dan mengembangkannya lebih awal dibandingkan anak-anak yang tidak tidur dengan orang tua mereka. Hal ini dikarenakan debaran jantung si ibu membuat si anak menjadi nyaman dan tidak mudah cemas.

2. Menjalin kedekatan dengan anak

Anak-anak yang tidur bersama orang tua mereka memiliki hubungan kebahagiaan dan kedekatan yang luar biasa dengan orang tuanya, karena terbiasa bersama sehingga tercipta ikatan batin yang sangat kuat.

READ:  Tutorial Makeup Mata Untuk Sehari-hari

3. Membangun harga diri

Anak-anak yang sering tidur bersama orang tua mereka tidak mudah mengalami guncangan karena stres. Hidupnya akan  lebih indah dan bahagia, lebih mudah dalam meningkatkan kepercayaan diri, serta tahan terhadap berbagai macam tekanan sehingga si anak akan lebih rileks dan tidak mudah putus asa.

4. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Tidur bersama anak akan meningkatkan kesehatan secara fisik dan mental mereka. Karena memiliki kepercayaan diri dan tahan terhadap tekanan maka anak-anak yang tidur bersama dengan orang tua mereka mengalami perkembangan mental yang baik dan pertumbuhan fisiknyapun menjadi lebih baik dan terkontrol.

Hal itu dikarenakan ‘kekuatan’ sentuhan dari orang tua yang merangsang pertumbuhan anak.

5. Memudahkan ibu menyusui

Jika masih menyusui, tidur bersama si kecil akan memudahkan bagi ibu yang menyusui. Biasanya bayi suka menangis tengah malam karena lapar  dan jika orang tuanya tidur bersamanya maka si ibu bisa langsung mengatasi masalah bayi dengan langsung menyusuinya.

Si anak tidak akan terlalu cengeng saat ibunya selalu berada di dekatnya dan ibupun punya waktu istrahat yang lebh baik karena anaknya tidak rewel lagi.

READ:  Rasa Nyeri pada Payudara Wanita, Berbahayakah?

**

Demikian 5 manfaat tidur satu ranjang bersama anak. Kehadiran si ibu setiap saat untuk si anak akan memberikan kenyamanan tidur, detak jantung teratur, mengurangi rasa stress, suhu tubuh dan pernapasan bayipun akan terkontrol dan tetap normal.

Jadi bagi ibu lakukanlah hal-hal yang baik untuk bayi anda dan biasakanlah untuk mendekap si bayi karena detakan jantung sang ibu membuat bayi merasakan indahnya hidup dan hilangnya rasa cemas. Semoga bermanfaat.

(foto: detik.com)