Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak

Loading...

Menjaga kesehatan gigi dan gusiMenjaga kesehatan gigi dan gusi pada anak

Bagaimana cara mengajarkan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan gusi kepada anak? Kami berbagi 4 langkah menuju gigi dan gusi sehat yang disarankan oleh Dr. Glosman, seperti yang kami kutip dari sheknows.

1. Sikat dengan pasta gigi fluoride

Tersedianya sikat gigi listrik untuk anak-anak, membuat waktu menyikat gigi jadi lebih mudah. Ciptakanlah dance yang dapat dilakukan sambil menyikat gigi, agar anak Anda senang dan merasa bahwa aktivitas ini sangat menyenangkan.

2. Gunakan benang gigi

Hal ini sulit tapi disaat yng sama sangat penting. Flossing sangat penting karena dapat menghilangkan partikel yang terselip di antara gigi dan tidak dapat dijangkau sikat gigi. Partikel-partikel ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan menimbulkan bau tidak menyenangkan di mulut. Cobalah benang gigi yang kecil untuk anak Anda.

3. Gunakan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur dapat mengusir partikel yang tersisa dari flossing dan menyikat gigi. Carilah obat kumur dengan rasa yang menarik bagi anak-anak. Tapi jangan lupa untuk menekankan bahwa obat kumur ini tidak untuk diminum, meskipun rasa dan baunya sangat menggoda.

READ:  Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

4. Pastikan anak Anda mengkonsumsi makanan bergizi

Pilih buah asli untuk dikonsumsi anak Anda, bukan jus buah yang kurang bergizi dan cenderung menyebabkan gigi berlubang. Memakan mentah sayuran renyah pada usia tepat, dapat bertindak sebagai scrubber alami dan pembersih pada gigi.

Yogurt dan susu merupakan sumber besar kalsium untuk membangun gigi yang kuat. Pastikan yogurt tidak memiliki gula tersembunyi, cari bahan-bahan pada label brakhiran -osa- seperti glukosa, fruktosa, sukrosa atau sirup jagung. Gula tidak hanya dapat menyebabkan gigi berlubang tetapi kalori yang terkandung di dalamnya juga tidak berguna.

Setelah melakukan 4 langkah cara menjaga kesehatan gigi dan gusi anak Anda, jangan lupa berkunjung ke dokter gigi untuk pemeriksaan rutin.

(photo: ballantynedentalpractice.ie)