10 Aplikasi Islamik untuk Android

Loading...

aplikasi android islamiBulan Ramadhan datang lagi, bulan puasa dan penuh rahmat. Waktunya untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Khalik. Nah, apa saja yang sudah Anda lakukan?

Langkah pertama, mungkin Anda bisa mencoba 10 aplikasi top berikut di ponsel atau tablet Android Anda, dilansir dari Muslim Life Hacks.

1. Quran Android (Gratis)

Quran Android adalah aplikasi Quran gratis untuk perangkat Android. Aplikasi ini terdiri dari halaman mushaf Madani bersama dengan terjemahan dan bacaan. Membaca Al-Qur’an melalui aplikasi ini terasa seperti membaca Quran sebenarnya.

2. iQuran Pro (Berbayar. Tersedia juga versi gratis)

iQuran adalah aplikasi yang dirancang dengan indah oleh tim di Guided Ways Technologies. iQuran memungkinkan Anda untuk membaca Al-Quran dalam bahasa Arab bersama dengan terjemahannya.

Aplikasi ini menyediakan pemutaran audio ayat demi ayat, kode warna tajwid, fungsi pengulangan, bookmark tak terbatas, pilihan pencarian, kontrol navigasi yang sangat baik, beberapa terjemahan, pembaca dan banyak lagi. Ada versi gratis yang tersedia, iQuran Lite, tapi versi berbayarnya (Pro iQuran) sangat layak dicoba.

3. QamarDeen (Gratis)

Dirancang oleh Batoul Apps, Qamardeen memungkinkan Anda menapak semua kegiatan spiritual harian Anda. Anda dapat menggunakannya untuk melacak doa Anda, membaca Quran, sedekah, puasa dan kemudian melihat apa yang perlu Anda perbaiki. Aplikasi ini telah cukup populer di dunia iOS dan baru-baru ini tersedia untuk Android.

READ:  Aplikasi Games Android untuk Mendidik Anak

4. Hisnul Muslim (Gratis)

Pernahkah Anda mendengar tentang sebuah buku kecil, Fortress of a Believer? Ini adalah buku doa berukuran saku yang merupakan kompilasi dari doa-doa otentik yang dibaca oleh Rasulullah (saw) setiap hari dan pada kesempatan khusus.

Aplikasi Hisnul Muslim didasarkan pada buku ini. Ia berisi 267 doa (permohonan) bersama dengan transliterasi, terjemahan dan bahkan audio untuk membantu Anda mengucapkannya dengan benar. Hisnul Muslim merupakan aplikasi ringan yang hanya berkapasitas 545kb.

Cek juga aplikasi berikut: myDuaa: Fortress of a Muslim

5. Dua & Azkar (Gratis)

Dua & Azkar adalah aplikasi keren lainnya yang berisi doa-doa untuk membantu Anda mengingat Allah sepanjang hari. Aplikasi ini tidak mengandung banyak doa seperti pada Hisnul Muslim, namun ia sangat menarik secara visual, mudah dinavigasi dan aplikasi yang bagus untuk digunakan setiap hari.

6. Muslim Kids Series “Dua” (Gratis)

Aplikasi Muslim Kids Series “Dua” oleh Yufid Inc adalah aplikasi bagus lainnya yang beredar di Android market. Aplikasi ini khusus dibuat untuk anak-anak (atau anak kecil dalam diri Anda!) karena mengandung doa-doa, bersama dengan audio dan ilustrasi manis yang lucu.

READ:  5 Aplikasi Android Untuk Melejitkan Produktivitas Kerja

Para pengembang aplikasi ini juga telah membuat aplikasi lain yang layak disebutkan seperti Abata Hijaiyah yang membantu anak-anak belajar huruf dan kosakata Arab.

7. AlSalah (Gratis)

Aplikasi AlSalah adalah aplikasi yang berisi waktu sholat dan kompas untuk membantu Anda melakukan sholat harian Anda di mana pun Anda berada. Tidak diragukan lagi, ada banyak aplikasi waktu sholat di luar sana tapi apa yang disukai dari aplikasi ini adalah ia cepat, ringan (= daya baterai kurang) dan dirancang dengan indah!

Namun, aplikasi ini tidak memiliki alarm untuk memberitahu Anda tentang waktu sholat, juga tidak menyediakan widget layar tetapi jika Anda membutuhkan fitur tersebut, pertimbangkan untuk men-download aplikasi berikutnya.

8. Prayer Time Pro (Gratis)

Prayer Time Pro merupakan satu-satunya aplikasi yang berisi widget layar dalam versi horisontal & vertikal yang juga dapat disesuaikan! Ini termasuk alarm untuk memberitahu Anda mengenai waktu sholat dan Kompas Kiblat.

9. Tafseer ibn Kathir (Berbayar)

Ketika membaca Al-Quran, bukan hanya membaca terjemahan, tapi juga mengembangkan pemahaman yang lebih besar mengenai latar belakang masing-masing ayat, akan membuat perbedaan yang besar. Bukan masalah jika ada tafsir. Dan aplikasi Tafseer ibn Kathir akan membantu Anda mencapai hal itu.

READ:  Microsoft Dalam Angka

Aplikasi ini berisi seluruh tafsir oleh cendekiawan Ibnu Katsir dan itu termasuk fungsi bookmark untuk membantu Anda mengingat bacaan terakhir yang Anda tinggalkan.

10. Asma’ Al-Husna, Allah’s Names (Gratis)

Asma’ Al-Husna berisi Nama Allah bersama dengan terjemahannya dalam 8 bahasa dan audio playback. Gunakan aplikasi ini untuk mempelajari Nama Allah.

(foto: en.paseban.com)