Tips Perawatan Rambut Harian

Loading...

KeramasKeramas teratur penting untuk menjaga kesehatan rambut

Keramas, menggunakan kondisioner, perawatan minyak panas, serum, dan semprotan – apa yang benar-benar perlu kita lakukan untuk menjaga rambut kita sehat? Inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk rutinitas perawatan rambut harian Anda, dikutip dari dailyglow.com.

Anda mungkin tidak menghabiskan banyak waktu berpikir tentang hal ini, tapi rutinitas perawatan rambut harian dapat membuat dampak yang nyata pada penampilan Anda. Mencuci rambut Anda terlalu sering atau tidak cukup sering, menggunakan produk rambut yang salah, bahkan bagaimana Anda menyikat rambut Anda dapat meningkatkan kilau atau malah menyebabkan kekeringan dan kerusakan.

Perawatan rambut sehari-hari juga termasuk merawat kulit kepala Anda karena di situlah rambut berkembang. Rambut di bawah permukaan kulit Anda adalah bagian yang masih hidup, Anda perlu untuk memelihara akar-akar agar batang rambut – bagian dari rambut yang tak terlindung – untuk tampil sehat dan berkilau. Memilih produk pelembab untuk perawatan rambut dan meminimalkan pengeringan dan perawatan secara kimia untuk rambut Anda membuat kulit kepala dan rambut Anda  terlihat dalam tampilan terbaiknya.

READ:  Penyebab Rambut Rontok dan Bercabang

Mengapa harus keramas?

Mencuci rambut Anda adalah elemen yang paling penting dari perawatan rambut sehari-hari. Sepanjang hari, rambut mengumpulkan kotoran dan dari segala sesuatu yang mengenai Anda – polusi, asap rokok, debu, dll. Bahkan jika Anda tinggal di rumah sepanjang hari, Anda masih akan memiliki penumpukan sel-sel kulit mati dari kulit kepala Anda yang dapat menyebabkan infeksi jika tidak dicuci secara teratur. Keramas secara teratur sangat penting untuk menghilangkan penumpukan ini dari rambut dan kulit kepala, dan menjaganya agar tetap bersih.

Apa yang membuat rambut berminyak?

Selain penumpukan kotoran, banyak wanita juga mengeluhkan penumpukan minyak alami. Apa yang Anda anggap sebagai minyak sebenarnya sebum, zat yang diproduksi oleh kelenjar pada kulit kepala Anda, yang memelihara dan melindungi rambut. Namun, sebum terlalu banyak  dapat membuat rambut terlihat berminyak dan mengumpul. Mencuci rambut dengan shampoo membantu menghilangkan sebum berlebih bersama dengan partikel kotoran lainnya, memberikan rambut segar dan bersih kembali.

Seberapa sering saya harus keramas?

Meskipun perawatan rambut harian berarti melakukan keramas setiap hari, wanita yang cukup beruntung untuk memiliki rambut normal, yaitu tidak terlalu kering atau terlalu berminyak – mencapai hasil terbaik ketika mereka mencuci rambut mereka tidak setiap hari.

READ:  Tips Menghindari Kerusakan Rambut Akibat Sinar Matahari

Mencuci rambut terlalu sering dapat membuat rambut mengalami overdry (terlalu kering) akibat dari astringent dalam shampoo kebanyakan, tetapi juga dapat menyebabkan kelebihan produksi sebum, yang membuat rambut ekstra berminyak. Namun, jika rambut Anda cenderung berminyak, Anda mungkin perlu menggunakan shampoo setiap hari. Di sisi lain spektrum, rambut kering paling sering dikelola dan lembut ketika Anda menunggu setidaknya dua atau tiga hari untuk menggunakan shampoo.

Apakah saya memerlukan kondisioner?

Ya, kondisioner adalah kunci dari produk perawatan rambut yang diperlukan untuk melembabkan dan memelihara rambut agar tetap lembut dan sehat. Wanita dengan rambut berminyak mungkin menemukan bahwa krim kondisioner yang terlalu tebal dan creamy akan berat untuk rambut mereka, kondisioner yang ringan lebih baik untuk perawatan rambut sehari-hari mereka.

Sedangkan mereka dengan rambut kering harus memilih kondisioner yang creamy, membiarkannya di kulit kepala selama beberapa menit setiap kali untuk memastikan bahan pelembab kondisioner menembus rambut. Selain itu, wanita dengan rambut kering harus menerapkan produk pendingin rambut mendalam untuk rambut mereka seminggu sekali untuk mendapatkan kelembutan dan lebih bersinar.

READ:  6 Cara Cerdas Memanfaatkan Buah Pisang

Sekarang saatnya Anda memperbaiki rutinitas perawatan rambut harian Anda  dan rambut sehat bisa menjadi milik Anda sesegera mungkin.

(photo: sheknows.com)