7 Mitos Tentang Minum Kopi

Loading...

mitos kopiKopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman ini telah menjadi bagian penting di pagi hari dan membuat kita terjaga ketika ada banyak hal yang harus dilakukan.

Ada pendapat yang berbeda mengenai kopi berdasarkan penelitian yang berbeda. Ada yang mengatakan bahwa kopi bermanfaat, dan beberapa mengatakan kopi akan menyebabkan masalah. Banyak argumen kopi yang salah dan tidak didasarkan pada penelitian, menciptakan beberapa mitos tentang kopi yang terkenal.

Berikut ini 7 di antaranya, dilansir dari Fitnea.com:

Mitos 1: Kopi membuat Anda merasa stres

Minum kopi tidak secara langsung menaikkan tingkat stres atau membuat Anda merasa cemas atau gugup. Kopi dianggap sebagai stimulan alami yang dapat memiliki efek relaksasi pada pikiran Anda. Kopi tidak secara langsung bertanggung jawab memicu stres tapi kopi akan menghalangi produksi adenosin dalam tubuh yang merupakan pereda stres alami.

Mitos 2: Kafein menyebabkan susah tidur

Ini adalah mitos umum tentang kafein yang tidak benar. Ketika Anda minum secangkir kopi, tubuh hampir seketika menyerap kafein tetapi juga membuangnya keluar dengan cepat.

Kafein setelah dikonsumsi diproses melalui hati dan hampir setengah dari itu mungkin akan memerah keluar dari tubuh dalam waktu 4-5 jam dan 5 jam kemudian hampir 75% telah hilang dari tubuh. Anda tidak harus menghadapi masalah tidur karena kafein jika hanya mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap hari.

READ:  7 Tips untuk Membuat Kopi dan Teh Lebih Sehat!

Mitos 3: Minum kopi menyebabkan kanker

Mitos umum lainnya yang terkait dengan kopi adalah bahwa minum secara teratur dapat menyebabkan kanker. Beberapa penelitian telah dilakukan selama bertahun-tahun tetapi hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi kopi secara teratur dan perkembangan kanker.

Beberapa peneliti bahkan menemukan bahwa orang yang minum kopi setiap hari berada pada resiko lebih rendah terkena kanker. Kopi mengandung antioksidan yang bermanfaat membantu melawan kanker. Hal ini juga membantu untuk membalikkan efek penuaan dan membuat Anda terlihat lebih muda dibandingkan dengan usia Anda.

Mitos 4: Kopi tidak memiliki manfaat kesehatan

Hal ini diyakini bahwa kopi tidak memiliki manfaat kesehatan yang terkait dengannya. Ini tidak benar, seperti kata para ilmuwan yang telah menemukan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari kopi. Kopi mengandung antioksidan yang berguna yang telah ditemukan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah dan melawan kanker.

Juga telah menemukan bahwa konsumsi rutin kopi menaikkan tingkat konsentrasi Anda yang pada gilirannya meningkatkan efisiensi di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi. Hal ini juga dapat menguntungkan bagi orang-orang yang menderita insomnia, karena minum kopi dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik.

READ:  Mata Sering Merah, Gatal dan Berair? Ini Cara Mengatasinya

Mitos 5: Kafein bersifat adiktif

Orang yang minum kopi secara teratur mengatakan bahwa mereka kecanduan kafein karena mereka merasa bahwa mereka tidak bisa tanpa kopi. Ketergantungan adalah ketika seseorang sangat tergantung pada obat dengan gejala penarikan parah. Harus ada dorongan untuk mengkonsumsi lebih dan lebih lagi dan toleran dengan dosis tertentu.

Konsumsi kafein tidak memenuhi syarat untuk menyebabkan kecanduan dan penelitian juga telah menunjukkan bahwa kafein tidak menyebabkan semacam kecanduan. Kecanduan alkohol atau obat lain dapat memiliki konsekuensi sosial dan fisik yang parah tapi ini tidak terjadi dengan kafein yang faktanya tidak bersifat adiktif atau tidak menyebabkan kecanduan.

Mitos 6: Kopi menyebabkan keguguran, kemandulan dan berat bayi lahir rendah

Ini adalah kesalahpahaman lain tentang kopi yang tidak memiliki bukti kuat untuk dibenarkan. Ilmuwan telah menemukan bahwa tidak ada hubungan langsung antara minum kopi dan keguguran.

Demikian pula wanita yang mengambil kopi secara teratur tidak selalu melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Wanita yang minum banyak kopi setiap hari tidak akan menghadapi kesulitan untuk hamil atau ketidaksuburan.

READ:  10 Tanda Masalah Tiroid Paling Umum

Mitos 7: Minum kopi dapat menyebabkan osteoporosis

Kurangnya kalsium dan vitamin D dalam makanan Anda adalah penyebab utama osteoporosis dan konsumsi kopi memiliki peran di dalamnya. Beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap osteoporosis adalah kurangnya aktivitas fisik, merokok, berat badan rendah, menopause, diet tinggi protein dan tingkat estrogen yang rendah.

Studi yang dilakukan selama bertahun-tahun telah membuktikan bahwa jika Anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah sedang setiap hari tidak akan meningkatkan resiko terkena osteoporosis.