Vitamin Penting untuk Pertumbuhan Anak

tumbuh kembang anakKebanyakan orang tua khawatir tentang pertumbuhan anak mereka. Mereka terus-menerus khawatir jika anak mereka tidak tumbuh cukup tinggi. Kadang-kadang mereka bertanya-tanya mengapa anak mereka sangat kurus.

Masalahnya adalah bahwa anak-anak adalah pemakan rewel yang senang mengkonsumsi makanan enak namun belum tentu sehat. Hal itulah yang menjadi penghalang mereka untuk memiliki semua penambah vitamin yang mereka butuhkan dalam masa pertumbuhan.

Namun, dengan mengetahui daftar lengkap vitamin apa saja yang diperlukan dalam pertumbuhan anak, Anda bisa merencanakan menu harian untuk kebutuhan nutrisi untuk anak Anda.

Peningkatan tinggi badan anak sering dianggap sebagai satu-satunya tanda pertumbuhan. Tinggi seorang anak tergantung pada pertumbuhan tulang. Itu sebabnya, vitamin pertumbuhan tulang merupakan bantuan yang paling dibutuhkan dalam pengembangan anak.

Namun pertumbuhan adalah proses holistik dari aspek biologis. Peningkatan tinggi badan anak saja tidak bisa disebut pertumbuhan secara menyeluruh. Anak Anda juga perlu mengembangkan otot, kekuatan dan kemampuan mental mereka.

Itulah sebabnya, penambah asupan vitamin mengambil peran penting dalam aspek pertumbuhan anak Anda. Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa anak Anda mendapatkan semua vitamin ini melalui menu harian mereka. Hal ini karena tidak ada pengganti dari nutrisi alami.

Berikut adalah yang vitamin paling penting yang diperlukan pada masa pertumbuhan anak Anda:

Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan tulang dalam tubuh anak Anda. Vitamin ini membantu kalsium bisa diserap ke dalam tulang. Sinar matahari berlimpah adalah cara terbaik untuk menghasilkan vitamin D dalam tubuh. Tapi Anda juga dapat memberikan anak-anak Anda jamur, ikan tuna dan minyak ikan cod.

Kalsium

Vitamin D dan kalsium ibarat dua sisi mata uang, salah satunya tidak akan lengkap tanpa kehadiran yang lain. Kalsium merupakan komponen utama dari tulang, Anda harus memastikan bahwa anak-anak Anda mengkonsumsi produk susu yang cukup.

Vitamin B Kompleks

Kelompok Vitamin B sangat penting untuk pertumbuhan anak Anda. Komponen yang berbeda dari vitamin B kompleks bekerja pada berbagai bidang pertumbuhan.

Vitamin B1

Vitamin B membantu pertumbuhan tulang Anda dan menjadikan tubuh berkembang lebih tinggi. Penambah vitamin ini diperlukan untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh. Vitamin B1 atau tiamin dapat ditemukan pada ikan, kemiri dan kacang-kacangan.

Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin sangatlah penting untuk pertumbuhan anak. Terutama dalam pertumbuhan tulang, kuku, rambut dan kulit. Sayuran berdaun hijau adalah sumber terbaik dari vitamin B2.

Vitamin B5

Vitamin B5 atau asam pantotenat membantu merangsang hormon pertumbuhan dalam tubuh. Vitamin ini hanya diperlukan dalam jumlah kecil, namun perannya benar-benar penting. Jamur, keju, hati dan alpukat merupakan sumber yang baik dari Vitamin B5.

Vitamin B12

Vitamin B12 atau kobalamin membantu dalam sintesis folat dan karbohidrat yang diperlukan untuk pertumbuhan normal dan perkembangan anak Anda. Tiram, ikan dan telur adalah makanan terbaik untuk mendapatkan vitamin B12.

Vitamin C

Vitamin ini merupakan vitamin penting untuk pertumbuhan karena asam askorbat diperlukan untuk kesehatan tulang. Vitamin ini juga efektif melindungi anak terhadap penyakit yang dapat menghambat pertumbuhan. Berikan buah jeruk dan lemon pada anak Anda untuk mendapatkan vitamin C.

Vitamin A

Vitamin A diperlukan oleh semua organ vital dalam tubuh dan juga mengatur sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, vitamin ini dapat membantu anak Anda tumbuh dengan memberikan dukungan langsung. Konsumsilah wortel, bit dan selada untuk mendapatkan tambahan vitamin ini.

(foto: ppfchildren.wordpress.com )

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *