5 Jenis Antioksidan yang Bermanfaat bagi Tubuh

Antioksidan penting untuk tubuhAktifitas sehari-hari membuat tubuh akan mengalami kekurangan beberapa ion dan tentunya terjadi penurunan energi setelah melakukan aktifitas di berbagai tempat.

Pada saat itu kondisi tubuh akan rentan terserang penyakit jika sebelumnya kita tidak membekali tubuh dengan berbagai sistem immunitas yang mampu memberikan proteksi bagi kesehatan tubuh.

Kondisi di sekitar terutama di lingkungan luar terkadang menjadi pemicu awal terjadinya berbagai macam penyakit dan menjadikan penyakit memilih tubuh manusia menjadi sasaran yang empuk.

Loading...

Radikal bebas adalah salah satu pembuat ulah awal yang membuat tubuh menjadi rentan berbagai macam penyakit seperti penyakit kanker, stroke dan masih banyak lagi penyakit yang disebabkan oleh ulah si radikal bebas ini.

Penangkal radikal bebas dan antioksidan untuk memperkuat sistem immunitas tubuh dapat diperoleh dari berbagai macam makanan. Buah-buahan dan juga pada sayur-sayuran memberi berbagai macam antioksidan yang akan memberikan proteksi lebih bagi tubuh baik dari dalam maupun dari luar.

Berikut adalah beberapa macam antioksidan yang bermafaat bagi kesehatan tubuh:

Polyphenol

Polyphenol merupakan kelompok besar antioksidan yang terdiri atas  flavonoid dan anthocyanidins. Seperti yang kita ketahui bahwa flavonoid memberikan struktur atau bentuk sel tubuh dan juga membantu tubuh dalam hal memperlancar peredaran darah.

READ:  Gumpalan Darah di Otak, Apa Gejalanya?

Flavonoid mermiliki manfaat yang sangat banyak dalam hal peranannya sebagai antioksidan karena juga berfungsi dalam mencegah pertumbuhan mikroba-mikroba yang masuk dalam tubuh, juga menyerang berbagai macam virus yang berusaha masuk dan menginfeksi tubuh.

Dan secara umum antioksidan ini mampu mengobati penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) serta mencegah terjadinya oksidasi lemak yang akan menyebabkan penimbunan lemak pada arteri sehingga menyebabkan penyakit jantung.

Asam ellagic

Nutrisi yang satu ini bisa ditemukan di berbagai macam buah yang berwarana merah atau yang kaya akan pigmen antosianin. Asam ellagic merupakan jenis antioksidan yang ampuh dalam memerangi penyakit mematikan bagi tubuh yaitu kanker.

Jenis antioksidan ini memiliki sifat antimutagenik (anti mutasi) sehingga ketika ada sel yang pertumbuhannya tidak normal atau dengan kata lain bermutasi maka asam ellagic inilah yang akan meregenerasi sel-sel yang pertumbuhannya tidak normal (abnormal) itu. Dalam berbagai hasil riset ditunjukkan juga bahwa asam ellagic sangat ampuh melawan penyakit jantung (kardiac), mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi resiko cacat lahir.

Karetenoid

Zat Karetenoid merupakan antioksidan yang bisa kita temukan di sayuran dan berbagai macam buah yang berwarna hijau dan juga kuning tua. Jenis nutrisi ini larut dalam lemak dan biasanya dalam bentuk betakaroten karetonoid ini mampu dikonversikan menjadi vitamin A yang berperan dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh.

READ:  Dahsyatnya Khasiat Beras Hitam Bagi Kesehatan

Karetenoid  ini berfungsi dalam mencegah terjadinya kanker serviks pada wanita, kanker paru (pulmo) kanker prostat pada laki-laki, kanker tenggorokan (Esophagus), dan juga kanker usus besar serta kanker pada endometrium (dinding rahim/uterus).

Ozon

Bukan berarti karena namanya ozon kita harus memperoleh antioksidan ini dari lapisan ozon atau secara lugasnya diperoleh dari udara sekitar, akan tetapi antioksidan ini diperoleh dari hasil terapi dan juga dari buah-buahan segar dengan tingkat proteksi yang tinggi.

Antioksidan yang satu ini merupakan super-detoks (penawar racun) yang mampu menyeleksi logam beracun, bakteri, virus dan berbagai macam zat asing lainnya yang masuk di dalam tubuh. Antioksidan ini mengobati berbagai macam penyakit kronis, luka bakar, jerawat, penyakit reumatik dan yang paling ampuh membunuh sel kanker dalam tubuh, dan itu sudah diuji di seluruh dunia dalam kurung 5o tahun terakhir dengan keberhasilan yang sangat memuaskan.

Glutation

Zat antioksidan yang satu ini diberi julukan “Master Antioksidan” karena manfaatnya dalam meregenerasi sel karena merupakan regenerator dan juga sebagai regulator bagi tubuh. Antioksidan ini bisa ditemukan pada sayuran jenis brokoli, terdapat juga pada susu kambing dan pada buah bisa didapat pada buah alpukat.

READ:  Bangle, Aksesoris Untuk Mempercantik Penampilan

Glutation ini memiliki bentuk ukuran yang sangat kecil karena merupakan molekul dalam bentuk antioksidan yang tersimpan dalam sel. Glutation membantu hati dalam proses detoksifikasi yakni mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

**

Itulah beberapa jenis antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti yang telah dilansir sebelumnya berbagai macam antioksidan di atas dapat diperoleh dari buah-buahan atau sayuran dan juga terdapat dalam kandungan protein. Jadi jangan berhenti untuk mengomsumsi berbagai jenis makanan sehat yang mampu meningkatkan sistem immunitas tubuh anda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

(foto: drweilblog.com)