4 Keuntungan Mengetahui Jenis Golongan Darah Anda

cara-mengetahui-golongan-darah-tanpa-jarumGolongan darah bukan hanya sebagai pelengkap untuk kartu identitas Anda saja seperti tercantum pada KTP atau SIM. Mengetahui jenis golongan darah ternyata sangat penting.

Misalnya saja ada orang lain yang sangat membutuhkan darah, nah dengan demikian Anda dapat mendonorkan darah Anda untuk membantu.  Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara golongan darah dan penyakit yang terjadi pada Anda.

Oleh karena itu, berikut akan kami bagikan pada Anda 5 alasan pentingnya Anda mengetahui golongan darah Anda sendiri.

Loading...

1. Menolong Orang Lain dan Diri endiri

Saat Anda mengetahui jenis golongan darah apa yang Anda miliki, maka secara tidak langsung akan membantu menyelamatkan hidup orang lain bahkan diri Anda sendiri.

Apabila Anda mengalami kecelakaan atau mengidap penyakit yang mengharuskan Anda mendapatkan transfusi darah dengan segera, maka dengan mengetahui jenis golongan darah Anda sendiri, secara tidak langsung akan sangat membantu penyembuhan. Pihak rumah sakit dapat segera bertindak karena telah mengetahui jenis golongan darah apa yang Anda perlukan.

READ:  Netralisir Keasaman Darah dengan Jus Sayur

Hal ini pun berlaku untuk orang lain yang membutuhkan transfusi darah Anda. Bahkan dalam kasus kanker payudara, Anda akan tahu bagaimana melakukan langkah-langkah pencegahan kanker hanya dengan mengetahui jenis golongan darah Anda.

2. Identitas Dalam Keluarga

Mengetahui golongan darah dapat menjadi salah satu faktor penentu dalam keluarga. Misalnya saja sebelum Anda menikah, Anda perlu tahu apakah
Anda dapat memiliki bayi bersama pasangan Anda.

Beberapa ahli keluarga berencana mengatakan, beberapa jenis darah tidak boleh mengalami pencampuran. Pasangan yang memiliki jenis golongan darah  RH + ve dan RH-ve sangat mungkin untuk melahirkan anak-anak dengan masalah kesehatan. Oleh karena itu beberapa negara mensyaratkan Anda untuk melakukan tes darah bersama sebelum melakukan pernikahan.

3. Diet

Sudah banyak buku yang menjelaskan mengenai salah satu cara untuk melakukan diet sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan jenis golongan darah. Cara ini secara tidak langsung ampuh dalam memantau diet yang Anda lakukan. Misalnya saja ada beberapa jenis darah tertentu yang lebih rentan terhadap penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

READ:  Mengenal Penyakit Kelainan Darah, Thalasemia

Bahkan, ada beberapa jenis darah yang hanya kompatibel dengan makanan vegetarian. Beberapa orang perlu untuk membatasi asupan karbohidrat karena
golongan darah mereka yang tidak sesuai.

4. Mendeteksi Penyakit

Ada beberapa jenis golongan darah yang dapat dijadikan tanda mengenai beberapa jenis penyakit yang mungkin dapat menyerang Anda. Misalnya untuk Anda yang bergolongan darah O memiliki tingkat hormon yang menunjukkan rendahnya FSH pada ovarium  di dalam rahim yang berfungsi mengatur kwsuburan. Sedangkan untuk yang bergolongan darah A, AB dan B berada pada risiko yang lebih besar untuk terserang penyakit jantung.

Untuk Anda yang bergolongan darah A sangat erat kaitannya dengan tingkat LDL kolesterol, sedangkan di sisi lain untuk tipe golongan darah O mengurangi resiko terjadinya gumpalan darah.

**

Demikian manfaat mengetahui jenis golongan darah untuk Anda. Tetaplah mengkonsumsi makanan sehat dan hidup secara sehat agar terhindar dari beragam penyakit. Disarankan untuk rutin melakukan donor darah, selain untuk menolong sesama, juga sangat berguna untuk kesehatan diri sendiri.