Ini Dia Alternatif Alami Mengobati Jerawat

cara alami mengatasi jerawatBerbicara soal jerawat pasti membuat kita sedikit mengerutkan kening sembari bergidik, membayangkan sesuatu yang merusak pemandangan di bagian wajah yang akan membuat sebagian orang merasa tidak percaya diri.

Berbagai carapun dilakukan untuk menghilangkan jerawat, bahkan banyak di antara kita yang menghabiskan uang untuk membeli produk perawatan wajah ataupun melakukan perawatan wajah di salon dan dokter kulit yang mahal.

Memang telah begitu banyak ragam obat jerawat yang beredar di pasaran, namun obat yang telah dikemas dalam bentuk produk tersebut sebagain besar hanya cocok untuk kulit wajah tertentu.

Loading...

Bagi anda yang memiliki pigmen kulit yang tipis, berhati-hatilah menggunakan produk penyembuh jerawat karena kandungan zat kimia pada obat tersebut akan mempertipis pigmen kulit dan membuat kulit kehilangan kealamian serta keelastisitasnya.

Cara terbaik untuk mengobati jerawat adalah dengan perawatan wajah menggunakan cara dan bahan alami. Begitu banyak obat alami yang bisa kita pergunakan.

Olehnya itu akan dibagi-bagikan beberapa alternatif bagaimana menyembuhkan jerawat tanpa harus ada efek kimia yang ikut berperan dalam menghancurkan pigmen kulit anda:

 Jus Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang mengandung cukup vitamin C, selain untuk memperlancar proses pencernaan vitamin C yang dikandungnya juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan berbagai jenis bakteri yang masuk menyerang tubuh.

READ:  Nutrisi dan Khasiat Susu Kedelai bagi Kesehatan Wanita

Vitamin C juga berperan dalam peningkatan produksi kolagen pada kulit sehingga mampu menjaga kelembaban dan keelastisitasan kulit.

Mengkomsumsi jus lemon sebagai salah satu alternatif untuk menghilangkan jerawat adalah tindakan yang tepat karena kandungan antioksidan pada jus lemon mampu mengatasi bakteri-bakteri yang menyerang kulit.

Kulitpun akan lebih mudah beregenerasi karena gangguan bakteri dan bercak hitam pada kulit wajah secara perlahan bisa teratasi.

Daun Pepaya

Bukan hanya buahnya yang kita ketahui sangat bermanfaat karna kandungan zat papain yang dimilikinya, akan tetapi daun pepaya juga memiliki banyak khasiat. Salah satu di antaranya adalah untuk mengobati jerawat.

Anda bisa menggunakan daun pepaya untuk mengobati masalah jerawat dengan cara menjemur sebentar daun pepaya yang sudah tua dengan takaran 30 gram, setelah itu haluskan daun pepaya dengan menambahkan air sebanyak 30 cc. Oleskan ramuan tersebut pada wajah atau gunakan sebagai masker.

Selain daunnya, getah dari batang pepaya yang masih muda juga berfungsi mengobati jerawat. Cukup oleskan getah tersebut di wajah yang berjerawat dan lakukan secara rutin jika ingin memperoleh hasil yang lebih maksimal.

READ:  DIY - Masker Cranberries Untuk Wajah Bebas Kerutan

Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang dipergunakan sebagai campuran sop, jus, tumisan sayur dan berbagai macam jenis makanan lainnya.

Wortel mampu mengatasi masalah jerawat dikarenakan kandungan betakeroten yang berupa retinoid. Kandungan retinoid lebih banyak dikandung oleh wortel tua dibandingkan wortel yang masih muda.

Biasanya pada produk-produk penyembuh jerawat bisa kita temukan jenis vitamin ini (retinoid). Retinoid inilah yang memelihara kecantikan wajah karena memberikan kekuatan serta menjaga sistem kekebalan serta keelastisitasan kulit.

Seperti yang telah dilansir sebelumnya kandungan betakaroten merupakan antioksidan yang mampu menangani masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat ulah dari radikal bebas yang menyusup di dalam tubuh.

Menggunakan es batu

Biasanya jerawat yang timbul disebabkan karena tersumbatnya aliran darah di bagian wajah akibat debu ataupun organisme lainnya. Nah untuk memperlancar kembali peredaran darah di bagian wajah yang berjerawat cukup usapkan es batu selama kurang lebih 5 menit di wajah sehingga terasa segar.

Lakukan hal ini secara rutin sehingga lama kelamaan jerawat yang ditimbulkan akibat kurang lancarnya peredaran darah di bagian wajah bisa segera diatasi.

READ:  8 Fakta Mengenai Jerawat

**

Itulah beberapa cara alami mengatasi jerawat yang bisa anda tempuh sebelum memilih alternatif menggunakan obat-obat yang mengandung zat kimia dan berbahaya bagi kulit anda.

Sesungguhnya alam raya itu sangat ramah bagi kesehatan, namun banyak di antara kita yang tidak mengerti dan tidak paham untuk mengolah Maha karya Tuhan.

Oleh karena itu selalu dipesankan agar kita banyak-banyak menuntut ilmu agar apa yang awalnya tidak kita ketahui setelah belajar pasti akan diketahui dan bisa kita amalkan untuk diri sendiri dan orang lainpun akan memetik faedahnya jika kita sampaikan.

Semoga artikel ini bermanfaat.

(foto: gophoto.it)