6 Vitamin yang Dapat Menyehatkan Tulang

kesehatan tulangSangat penting untuk Anda menjaga kesehatan tulang dan membuat tulang untuk tetap sehat dan kuat.

Seperti yang kita tahu, tulang akan mengalami pertumbuhan seiring dengan pertumbuhan tubuh kita.

Namun ada beberapa hal yang harus disadari sebelum terlambat bahwa kepadatan tulang lambat laun akan menurun dan ada kemungkinan terjadinya osteoporosis.

Loading...

Nah, untuk menjaga kesehatan tulang, penting bagi Anda memberikan tulang dan tubuh asupan vitamin dan kalsium yang cukup agar tulang Anda dapat tumbuh dengan baik.

Berikut akan kami bagikan 6 vitamin yang baik untuk tulang Anda.

1. Vitamin D

Untuk tetap menjaga tingkat kalsium dan fosfat dalam tubuh, Anda harus memiliki asupan vitamin D yang cukup.  Saat asupan vitamin D kurang, maka secara tidak langsung akan menyebabkan kelainan tulang.

Asam lemak omega-3 juga sangat berperan dalam membantu penyerapan vitamin D serta penyerapan kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Jadi sangat penting bagi Anda memasukkan asupan vitamin D dalam daftar diet untuk membantu dalam penyerapan kalsium.

2. Vitamin C

Di dalam kerangka jaringan ikat dalam tubuh kita mengandung kolagen yang tinggi dan terdapat pula senyawa kalsium yang berfungsi sebagai pembentukan tulang.

READ:  7 Tips agar Tulang Lebih Kuat dan Sehat

Vitamin C sangat penting dalam tubuh kita karena membantu dalam memproduksi pembentukan kolagen. Selain itu, juga membantu dalam memproduksi sel blast osteo yang diperlukan dalam pembuatan tulang keras baru.

3. Vitamin K

Untuk membantu meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang, cukupkan pasokan vitamin K untuk tubuh Anda. Selain itu juga membantu dalam pencegahan patah tulang.

Manfaat lain yang diberikan dari vitamin K adalah berfungsi membuat susunan ulang seperti menarik kalsium dari darah dan menyimpannya pada tulang.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang dapat dikategorikan sebagai suplemen penambah tenaga.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan defisiensi vitamin B12 cenderung menderita keropos tulang. Karena itu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan B12 yang dapat membantu menguatkan tulang.

5. Kalium

Kalium membantu menjaga keseimbangan basa dalam tubuh untuk mempertahankan massa tulang.

Selain itu juga mencegah keluarnya kalsium dari tubuh dan mempertahankan tingkat kalsium yang diperlukan untuk memperkuat tulang.

6. Magnesium

Ini adalah salah satu mineral yang paling penting untuk tulang selain kalsium. Magnesium bermanfaat dalam meningkatkan penyerapan dalam saluran usus.

READ:  Makanan Kaya Vitamin D untuk Tulang Kuat

Hal ini juga membantu dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit tulang. Peningkatan asupan kacang-kacangan dan sayuran hijau dapat  membantu memasok tubuh Anda dengan jumlah magnesium yang diperlukan.

**

Demikianlah 6 vitamin penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Usahakan untuk memenuhi asupan vitamin tersebut dari bahan-bahan alami demi menjaga efek samping yang mungkin timbul. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan manfaat kesehatan tulang yang maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat.

(foto: nutraingredients-usa.com)