10 Manfaat Gizi Buah Pisang

kandungan gizi pisangApakah Anda tengah bersiap bermain futsal dan tiba-tiba terserang lapar?

Jangan terburu-buru memesan di warung makan kalau tak mau perut bermasalah saat di lapangan. Makanlah pisang, buah yang manjur sebagai penunda rasa lapar.

Selain mudah dicerna, buah ini juga bisa menjadi penyelamat saat harus menelan obat yang pahit atau saat Anda tengah sulit makan saat sedang sakit.

Loading...

Selain fungsi darurat tersebut, pisang juga bisa menjadi minuman yang lezat. Cobalah lezatnya campuran pisang dan susu dengan es yang diblender. Semua itu belum termasuk manfaat dan kandungan gizi buah pisang. Mau tahu lebih banyak?

Berikut ini 10 manfaat gizi buah pisang sebagaimana dikutip dari Livestrong.com:

Kalori

Dengan mengonsumsi pisang, Anda dapat memanjakan diri dengan rasa manisnya tanpa merusak diet Anda. Sebuah pisang rata-rata hanya mengandung sekitar 110 kalori.

Lemak dan Kolesterol

Pisang secara alami bebas lemak dan kolesterol. Gunakan pisang yang dihaluskan untuk menggantikan beberapa atau bahkan semua mentega atau minyak saat membuat kue, misalnya, untuk membuat kudapan yang lebih sehat.

READ:  Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah Cantik dan Kulit Sehat

Kalium

Pisang dikenal karena kandungan kalium yang tinggi, dengan lebih dari 400 mg kalium dalam sebuah pisang ukuran sedang. Menurut Colorado State University Extension, kalium diperlukan untuk fungsi saraf dan otot yang baik serta menjaga keseimbangan yang sehat dari cairan dalam tubuh. Kalium dalam pisang juga dapat membantu mencegah kram otot setelah latihan fisik.

Vitamin C

Seperti kebanyakan buah-buahan, pisang memiliki kandungan vitamin C yang baik. Satu buah pisang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15 persen dari jumlah harian yang disarankan. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan sel serta meningkatkan penyerapan nutrisi lain seperti besi.

Vitamin B-6

Karena vitamin B lebih umum ditemukan dalam produk hewani, mungkin tergolong mengejutkan bahwa pisang merupakan sumber vitamin B-6, yang juga disebut piridoksin. Satu buah pisang menyajikan 35 persen dari harian B-6 kebutuhan Anda. Tubuh Anda menggunakan vitamin B-6 untuk menumbuhkan sel-sel baru.

Mangan

Pisang merupakan sumber yang baik bagi mangan, dengan satu buah pisang berukuran sedang memberikan sekitar 0,3 mg. Orang dewasa membutuhkan antara 1,8 dan 2,3 mg mangan dalam sehari. Mangan diperlukan untuk kesehatan tulang dan metabolisme.

READ:  Apakah Pisang Juga Buruk Bagi Kesehatan Kita?

Serat

Menurut USDA, satu pisang memiliki sekitar 3 gram serat. Serat pangan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan juga menjaga proses pencernaan Anda berjalan lancar.

Nutrisi lain

Pisang juga memberikan sejumlah kecil vitamin dan mineral lainnya. Sebuah pisang menyediakan beberapa zat besi, magnesium, kalsium dan fosfor serta vitamin A dan E, folat, karoten dan kolin. Pisang juga mengandung sejumlah besar asam amino.

Karbohidrat

Tubuh Anda menggunakan karbohidrat sebagai sumber utama energi. Makan pisang setelah latihan untuk mengisi bahan bakar. Sebuah pisang dengan sarapan akan memulai hari Anda dengan benar serta memberi Anda energi untuk berhasil melalui makan siang tanpa ngemil.

Pencernaan

Pisang mudah dicerna. Ketika Anda sakit karena virus atau gangguan pencernaan, pisang dapat menjadi cara menarik untuk mendapatkan beberapa nutrisi penting ke dalam sistem tubuh Anda tanpa mengganggu peru. Pisang tumbuk juga sering digunakan sebagai pengantar makanan padat untuk bayi.

***

Demikian 10 manfaat gizi buah pisang. Mengonsumsinya 2-3 buah sehari tidak memiliki dampak negatif bagi tubuh Anda, kecuali bila Anda mengalami gangguan pada ginjal maka mesti dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

READ:  Tips Mencegah BAB Berdarah

(foto: Flickr.com – Fernando Stankuns)