Manfaat Flaxseed untuk Kesehatan Tubuh

flax-seedFlaxseed  atau yang biasa dikenal dengan biji/benih dari bunga flax (Linium usistatissinum) yang masih menjadi bagian dari genus Linium dalam keluarga tanaman Linaceae.

Bentuk dari flaxseed hampir mirip dengan biji wijen namun ada yang berwarna coklat tua dan kuning keemasan.

Flaxseed biasa disebut sebagai tanaman paling kuat di dunia. Hal ini dikarenakan, flaxseed  memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk dapat mencegah kanker, pencegahan stroke dan banyak lagi.

Loading...

Nah, untuk mengetahui manfaat lain dari flaxseed untuk kesehatan tubuh, berikut akan kami bagikan pada Anda.

1. Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Flaxseed mengandung banyak lignan yang memiliki estrogen tumbuhan dan sebagai antioksidan.

Lignan berguna dalam menghentikan pertumbuhan sel tumor dalam tubuh dan begitu juga asam alfa-linolenat (ALA) – semacam asam lemak omega-3  dalam biji rami.

2. Meningkatkan Kesehatan Perempuan

Flaxseed berperan dalam kesehatan wanita misalnya saja akan sangat membantu untuk ibu hamil dan manfaat lain yaitu membantu meningkatkan ovulasi dalam keadaan norma.

Selain itu, flaxseed juga akan membantu dalam mempertahankan ketidakseimbangan hormon karena dengan keseimbangan hormon akan membantu perempuan saat mereka mengalami menopause.

READ:  Fenomena Mimpi Buruk pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Gejala menopause dapat ditandai dengan mudah marah, hot flashes,
perubahan suasana hati dan sebagainya. Dengan mengkonsumsi biji rami atau flaxseed,  maka secara langsung dapat mengurangi dan membantu selama masa menopause.

3. Menyeimbangkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Asam lemak omega-3 terkadung dalam biji rami, bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan juga mengurangi kadar kolesterol.

Esensial nutrisi seperti vitamin B kompleks, magnesium dan mangan juga membantu dalam menurunkan kolesterol yang akan membuat jantung lebih sehat.

4. Membantu Dalam Pencernaan

Lignan dalam biji rami sangat penting untuk membantu dalam meningkatkan fungsi sistem pencernaan karena berperan sebagai serat yang dijadikan sebagai pencahar alami untuk tubuh dalam mencerna makanan.

5. Membantu Penurunan Berat Badan

Flaxseed rendah akan karbohidrat, karena itulah mengapa flexseed sangat baik untuk kesehatan terutama untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Biji rami juga bermanfaat untuk Anda yang melakukan diet vegetarian dan vegan karena biji ini merupakan sumber besar dari asam lemak omega-3.

READ:  5 Cara Lezat Menikmati Biji Rami Untuk Dikonsumsi

6. Mengurangi Resiko Diabetes

Biji rami dapat mencegah diabetes jika dikonsumsi secara teratur. Lignan dalam biji rami berfungsi sebagai penurunan resistensi insulin dan menurunkan kadar gula darah dengan persentase yang moderat.

7. Memperlambat Peradangan

Lignan dan asam alfa-linolenat (ALA) di biji rami membantu mengurangi inflamasi atau peradangan. Reaksi yang menyertai penyakit tertentu seperti
arthritis, asma atau penyakit Parkinson dapat secara langsung menghentikan aliran agen pro-inflamasi dan dengan demikian membantu dalam mengurangi peradangan.

8. Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan asam lemak omega-3 dalam biji rami dapat dijadikan sebagai anti-inflamasi, menormalkan jantung yang berdenyut, mengurangi tekanan darah dan mencegah pengerasan arteri.

Karena itu jelas bahwa biji rami dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain itu, juga mengurangi kolesterol jahat atau kolesterol LDL.

9. Mencegah Sembelit

Flaxseed mengandung serat yang larut. Serat ini mengatur pergerakan usus dan membantu dalam mencegah sembelit.

**

Demikian manfaat kesehatan dari flaxseed. Anda dapat memasukkannya dalam daftar menu diet harian Anda. Anda juga dapat memadukannya dengan beberapa jenis makanan.  Selamat mencoba.

READ:  Inilah Kebiasaan Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

(foto: health.howstuffworks.com)