Kandungan dan Khasiat Rumput Laut Coklat

manfaat rumput lautRumput laut sudah populer digunakan sejak dulu, baik dalam hal pengobatan maupun sebagai bahan makanan.

Kalangan rakyat Jepang dan China menggunakan agar-agar untuk mengobati sakit perut dan bahannya itu diperoleh dari hasil olahan rumput laut. Lain lagi dengan orang-orang yang ada di Amerika yang menjadikan agar-agar sebagai bagian dari kelompok zat laksatif (pencahar).

Begitu banyak komponen unik yang dikandung oleh rumput laut. Kandungan unik yang dimaksud di antaranya adalah Polifenol, Fucoidan, dan Alginates.

Loading...

Jika ada yang pernah membaca penelitian mengenai komposisi air susu ibu, maka komposisi rumput laut coklat ini mirip dengan kandungan air susu, sehingga keluarlah sebuah julukan bagi rumput laut coklat yakni brown milk. Melihat kandungan yang dimiliki rumput laut tentunya begitu banyak manfaat yang terpendam dalam tanaman berwarna coklat ini.

Mari kita intip apa saja kandungan dan khasiat kesehatan dari rumput laut :

Peningkat immunitas tubuh

Pada dinding sel rumput laut terdapat kandungan zat penting yang telah disebutkan sebelumnya yaitu fucoidan. Fucoidan ini merupakan kumpulan beberapa sakarida (polisakarida) yang kompleks dan merupakan komponen terbesar yang terkandung di dalam rumput laut.

READ:  5 Manfaat Mengejutkan dari Buah Alpukat

Kandungan zat inilah yang merangsang produksi sel-sel imun (sel pertahanan tubuh) sehingga mampu meningkatkan immunitas ataupun daya tahan tubuh. Polisakarida ini juga mampu melawan bakteri dan virus serta menghambat penggumpalan darah.

Menurunkan kolestrol darah

Kerja polisakarida pada rumput laut selaras dengan kerja insulin yang dihasilkan tubuh yakni menurunkan kadar gula darah (kolestrol darah), menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), memperlambat dalam hal pelepasan glukosa ke dalam darah, menghambat penggumpalan darah sehingga peredaran darah akan berjalan lancar dan tidak menyebabkan terjadinya penimbunan lemak karena tidak adanya pembuluh darah yang menyempit.

Selain itu polisakarida yang terkandung dalam rumput laut mampu mengatasi masuknya bakteri Helicobacter pylori penyebab penyakit pada gangguan pencernaan, menjaga keelastisitasan kulit, meningkatkan fungsi lever serta mengencangkan kulit.

Mengobati kanker

Jika ada yang menderita kanker atau penyakit yang pertumbuhan sel pada tubuhnya tidak normal maka bisa menjadikan rumput laut sebagai alternatif pengobatan yang alami. Beberapa hasil riset membuktikan bahwa polisakarida pada rumput laut bisa merusak sel-sel kanker. Sehingga wajarlah warga Egypt (Mesir) pada jaman dahulu menggunakan rumput laut dalam terapi pengobatan penyakit kanker payudara.

READ:  Manfaat Masker Rumput Laut dan Cara Membuatnya

Rumput laut juga mengandung vitamin bahkan memiliki kandungan multivitamin antitumor sehingga mampu juga mengobati tumor secara konsisten dan tepat. Rumput laut ini juga memiliki zat antioksidan berupa selenium dan berfungsi mencegah zat-zat kimia yang berbahaya termasuk radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh

Orang yang menderita kanker biasanya harus melalui tahap penyembuhan penyakit dengan cara kemoterapi. Kemoterapi inilah yang kadang memiliki banyak efek buruk untuk bagian tubuh yang lain seperti rontoknya rambut. Jika mengkomsumsi rumput laut secara rutin maka akan memberikan sistem immun terbaik, merevitalisasi sel-sel yang rusak pada tubuh, menguatkan persyarafan, menyehatkan rambut dan memperkuat gigi serta menjaga kesehatan jantung.

**

Itulah beberapa kandungan dan manfaat dahsyat dari rumput laut. Selain itu rumput laut sangat berguna di bidang industri farmasi (bahan baku pembungkus kapsul dan campuran pasta gigi). Sedangkan dalam bidang kosmetik, rumput laut dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan sabun, lotion, lipstik, salep dan krim dan masih banyak lagi yang lainnya.

READ:  Rumput Laut Kaya Akan Kandungan Nutrisi

Jadi dengan mengetahui manfaat rumput laut bagi kesehatan, tidak ada salahnya kita mulai mencoba satu lagi manifestasi dari ciptaan Tuhan yang satu ini sebagai keramahan alam dalam membantu proses dan menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.