Makanan Terbaik untuk Ginjal Sehat

stroberiUntuk menjaga ginjal agar tetap sehat, Anda perlu melakukan pembersihan ginjal. Sangat penting untuk membersihkan ginjal guna mencegah pembentukan batu ginjal.

Ginjal yang bersih tentunya baik untuk kesehatan secara keseluruhan karena mampu berperan sebagai saringan ginjal alami yang membersihkan darah dengan detoksifikasi racun. Anda dapat mempertahankan ginjal bersih dengan bantuan diet yang baik.

Ada banyak makanan pembersih ginjal yang bisa membuang racun dan bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh Anda. Makanan yang baik dikonsumsi untuk ginjal yang sehat antara lain paprika merah, kubis, buah-buahan, putih telur dan kembang kol.

Loading...

Bawang putih, ikan dan bawang merah juga merupakan makanan yang baik untuk ginjal, namun sayangnya sebagian besar vegetarian bahkan tidak mengkonsumsi bawang ataupun ikan.

Jadi, berikut adalah daftar sayuran terbaik bagi vegetarian untuk menjaga agar ginjal Anda tetap sehat:

Kubis

Sayuran berwarna hijau seperti kubis adalah makanan yang baik untuk ginjal. Kubis sangat sehat untuk dikonsumsi. Sayuran kubis rendah kalium dan kaya akan vitamin K.

READ:  Cara Mudah Dan Efektif Mengatasi Kutu Rambut

Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan, magnesium, vitamin C dan serat yang baik untuk ginjal dan hati. Seperti ceri, Anda juga dapat memasukkan stroberi dalam daftar menu Anda setiap hari untuk ginjal yang sehat.

Peterseli

Tanaman berwarna hijau ini merupakan salah satu makanan terbaik untuk ginjal dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Sayuran berdaun hijau digunakan untuk mengobati batu ginjal seperti membersihkan dan memurnikan ginjal Anda.

Kembang kol

Sayuran ini juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk ginjal. Kembang kol kaya akan vitamin C dan rendah kalium. Jadi sangat baik untuk pembersihan ginjal dalam tubuh.

Apel

Apel selain mudah untuk dicerna, juga mampu meningkatkan pencernaan. Ia memiliki sifat serat dan anti-inflamasi yang membuatnya baik untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk ginjal.

Bluberi

Anthocyanidins, antioksidan dalam blueberry baik untuk membersihkan dan memurnikan ginjal dalam tubuh Anda.

Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah aromatik yang biasanya ditambahkan dalam masakan. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, yang dikenal mampu membersihkan ginjal dan memurnikan darah.

READ:  Mengenal Diet Makanan Mentah

Raspberi

Raspberi mengandung senyawa yang disebut asam ellagic yang membantu menyingkirkan radikal bebas dari tubuh.

Cranberries

Ini adalah salah satu obat terbaik untuk mengobati infeksi urin seperti Infeksi Saluran Kemih (ISK). Makanan ini mampu mencegah bakteri menempel pada saluran tersebut.

Paprika merah

Paprika merah juga merupakan salah satu makanan terbaik bagi ginjal Anda, karena paprika merah kaya akan vitamin A, C, B6, asam folat dan serat. Yang paling penting, paprika merah rendah kalium.

Yogurt

Yogurt meningkatkan pencernaan dan merupakan salah satu makanan yang baik untuk ginjal. Bakteri probiotik dalam yogurt sangat efektif untuk membersihkan ginjal. Jadi sertakanlah yogurt pada menu harian Anda.

Anggur merah

Warna merah dalam buah anggur berasal dari flavonoid tertentu yang hadir di dalamnya. Resveratrol, flavonoid dalam anggur sangat baik untuk jantung dan ginjal. Itulah mengapa anggur merah sangat baik dalam membersihkan ginjal.

Minyak zaitun

Belakangan ini, minyak zaitun banyak digunakan manfaat kesehatannya. Salah satu manfaat kesehatan terbaik yang dimiliki minyak zaitun adalah minyak ini baik untuk fungsi kerja ginjal dalam tubuh.

READ:  Manfaat Buah dan Daun Sirsak Bagi Kesehatan

**

Itulah beberapa makanan terbaik yang bisa dijadikan sebagai pembersih alami ginjal Anda. Namun terlepas dari makanan-makanan terbaik di atas, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah minum banyak air guna menjaga ginjal Anda tetap sehat dan bersih.

(foto: idiva.com)