Praktisnya Membuat Cake dengan Microwave

Kebanyakan orang menggunakan oven untuk membuat aneka kue yang lezat. Namun waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue menggunakan oven juga tidaklah singkat.

Karena keinginan membuat kue secara praktis inilah muncul ide untuk membuat kue dengan menggunakan microwave. Pada dasarnya microwave digunakan untuk memanaskan atau menghangatkan suatu hidangan atau minuman secara praktis.

Namun karena fungsinya yang mirip dengan oven, tentu alat elektronik yang satu ini juga dapat membuat adonan kue mengembang.

Loading...

Membuat kue dengan microwave memang tak selalu menghasilkan kue yang bertekstur sama jika dibandingkan dengan menggunakan oven. Terkadang, adonan bertekstur sedikit padat. Namun karena singkatnya waktu yang dibutuhkan dan rasa yang tak kalah lezat, membuat kue menggunakan microwave patut dicoba.

Simak berikut ini, resep untuk membuat kue-kue cantik yang delicious!

Membuat Chocolate Mug Cake dalam 5 Menit

Membuat Chocolate Mug Cake dalam 5 Menit
(foto: zoomyummy.com)

Membuat kue yang satu ini sangat praktis. Anda dapat menggunakan mug, mangkuk kecil atau wadah lain yang tentunya tahan panas jika dimasukkan ke microwave. Selain waktu membuat yang singkat, anda juga dapat langsung menyajikannya di dalam mug yang cantik. Praktis bukan?

  • Bahan-Bahan

4 sendok makan tepung terigu

READ:  5 Alasan Mengapa Minyak Alpukat Baik Untuk Kulit

3 sendok makan gula pasir

1/2 sendok teh baking soda

4 sendok makan coklat bubuk (sebaiknya pilih yang tidak manis)

1 butir telur

3 sendok makan susu cair

3 sendok teh minyak goreng

1/4 sendok teh perisa vanilla

2 sendok teh taburan chocolate chips

  • Cara membuat

1. Siapkan mug yang ingin digunakan sebagai wadah kue.

2. Masukkan tepung terigu, gula pasir, baking soda dan coklat bubuk lalu aduk hingga tercampur rata. Berikutnya masukkan telur kemudian aduk hingga merata.

3. Tambahkan susu cair, minyak nabati, perisa vanilla dan chocolate chips kemudian aduk adonan hingga tercampur baik.

4. Masukkan mug ke dalam microwave dan biarkan selama 3 menit. Anda akan melihat bahwa adonan terlihat mengembang.  Sajikan dengan taburan gula halus di atasnya atau coklat cair.

Membuat Vanilla Chocolate Chips Mug Cake dalam 5 menit

Membuat Vanilla Chocolate Chips Mug Cake dalam 5 menit
(foto: coplusk.net)
  • Bahan-Bahan :

4 sendok makan tepung terigu

3 sendok makan gula pasir

3 sendok makan susu cair

1 sendok teh perisa vanilla

1 butir telur

2 sendok makan minyak nabati

2 sendok makan chocolate chips

  • Cara membuat

1. Tidak terlalu berbeda dengan kue coklat pada resep yang sebelumnya, campur semua bahan ke dalam mug dan aduk hingga tercampur rata. Letakkan dalam microwave selama 3 menit.

READ:  Cara Membuat Susu Kedelai yang Aman

2. Anda dapat menyajikan dengan saus blueberry atau saus strawberry. Bagi yang menginginkan rasa segar, tambahkan es krim dengan rasa sesuai selera.

***

Kegiatan membuat cake menggunakan microwave dinilai sangat praktis terutama jika anda ingin menyajikannya pada tamu atau sekedar membuat camilan malam yang lezat. Resep ini juga sangat mudah dilakukan bagi anak-anak karena bahan-bahannya yang tidak rumit dan proses yang aman.

Selamat mencoba!