4 Fakta Tomat pada Masa Kehamilan

manfaat buah tomatPada masa kehamilan, sangat penting bagi ibu untuk memantau asupan nutrisi bagi dirinya.

Karena asupan tersebut tak hanya menunjang kebutuhannya secara individu semata, melainkan juga kebutuhan nutrisi calon buah hati yang dikandungnya.

Sudah banyak bukti yang menunjukkan rentannya bayi yang kekurangan nutrisi selama di dalam rahim saat ia terlahir. Terlebih lagi, menurut ahli di saat masa kehamilan ini seorang ibu membutuhkan vitamin dan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan asupan harian pada keadaan normal.

Loading...

Oleh sebab itu, seorang ibu hamil perlu mengetahui serta mengonsumsi makanan-makanan yang baik bagi kesehatannya dan sang calon buah hati.

Dan di antara beragam sumber vitamin dan nutrisi yang cocok bagi para ibu hamil, tomat tergolong sumber yang cukup berguna.

Manfaatkan tomat sebagai bahan makanan dan juga kudapan, karena sebagaimana dirilis oleh Livestrong.com, berikut ini 4 fakta tomat yang berguna pada masa kehamilan:

Vitamin C dan Besi

Tomat merupakan sumber vitamin C, salah satu dari banyak nutrisi penting yang Anda butuhkan selama kehamilan untuk menjaga diri dan bayi Anda tetap sehat. Vitamin C membantu membentuk tulang, gigi dan gusi yang sehat.

READ:  Mengapa Wanita Sulit Hamil?

Vitamin ini juga membantu penyerapan zat besi, yang menjadi perhatian khusus selama kehamilan, seperti wanita hamil pada umumnya yang memiliki kebutuhan besi yang lebih tinggi.

Sementara dokter mungkin merekomendasikan suplemen zat besi tambahan selama kehamilan, makan tomat yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh Anda lebih baik menyerap zat besi yang Anda asup.

Lycopene

Tomat mengandung sejumlah besar lycopene, antioksidan yang dapat melindungi terjadinya kerusakan sel.

National Institutes of Health mencatat bahwa tergolong aman bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lycopene, meskipun keamanan suplemen lycopene bagi ibu hamil belum cukup diteliti.

Jika Anda hamil, nikmati manfaat dari antioksidan ini, sebagaimana secara alami ditemukan pada tomat, dan hindari suplemen lycopene.

Perkembangan Terkini

Pada tahun 2007, ahli biokimia tanaman dari University of Florida merekayasa secara genetik tomat yang mengandung folat, vitamin penting untuk kehamilan yang sehat.

Kekurangan folat selama kehamilan dapat menyebabkan masalah perkembangan seperti tingkat pertumbuhan yang lambat dan cacat kelahiran, dan semua wanita hamil disarankan memastikan diri mereka mendapatkan jumlah yang tepat dari nutrisi ini.

READ:  4 Manfaat Musik Buat Janin Dalam Kandungan

Sebagaimana folat biasanya ditemukan pada bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya, rekayasa genetika mungkin akan segera menjadikan tomat sebagai sumber berharga folat.

Sebelum ini tomat yang dimodifikasi dapat memenangkan persetujuan dari Asosiasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA), bagaimanapun juga lebih banyak tes harus dilakukan, dan mungkin butuh waktu bertahun-tahun sebelum Anda dapat menemukan tomat kaya folat di supermarket lokal.

Pertimbangan

Meskipun tomat dapat memberikan nilai gizi selama kehamilan, omat juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi beberapa wanita hamil.

Selama paruh kedua masa kehamilan, mulas menjadi perhatian bagi beberapa wanita, sebagaimana hormon progesteron melemaskan katup kerongkongan yang memisahkan Anda dari perut Anda, menyebabkan asam mengalir kembali serta perasaan terbakar mulas.

Makanan asam seperti tomat mungkin memperburuk masalah ini untuk beberapa wanita dan membuat mulas lebih parah. Jika Anda mengalami mulas selama kehamilan, kurangi konsumsi tomat Anda dan hindari makanan lain yang menyebabkan masalah pencernaan.

***
Demikian 4manfaat dan fakta tomat pada masa kehamilan. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Anda akan sumber makanan yang menyehatkan para ibu serta calon buah hati yang dikandung.

READ:  Untuk Wanita Hamil Perokok, Vitamin C Dapat Membantu Melindungi Bayi

 (foto: commons.wikimedia.org )