5 Tips Dekorasi Elegan untuk Rumah Minimalis

minimalisApakah Anda termasuk penggemar desain rumah minimalis? Yang simpel namun tetap bergaya?

Konsep minimalis bukan lagi hal asing bagi desain interior rumah modern.

Loading...

Pengaplikasiannya telah umum ditemui tak hanya di kawasan hunian mewah, tetapi juga di perumahan kalangan menengah ke atas.

Intinya, konsep desain rumah minimalis cocok bagi siapa saja.

Selain karena faktor estetika, penerapan konsep minimalis memungkinkan penampilan dalam rumah Anda nampak indah tanpa harus menguras budget pengeluaran Anda. Sederhana, fungsional, modern, dan berkelas.

Ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana cara menerapkan desain ini terhadap rumah Anda?

Berikut ini 5 tips dekorasi elegan untuk rumah minimalis sebagaimana dikemukakan oleh Jessica Moreau, desainer interior dari Est Est, Inc., sebagaimana disadur dari SheKnows.com:

Menciptakan ruang bersih untuk gaya minimalis

Ruang yang berantakan merupakan salah satu sumber terbesar stres dalam rumah. Mengadopsi pendekatan minimalis tidak hanya membuat rapi  rumah Anda, tetapi juga memberikan daya tarik yang efisien dan terorganisir.

Meskipun mungkin harus terlebih dahulu menelusuri bagian rumah untuk membersihkan barang yang tidak digunakan atau diinginkan lagi, akan tetapi hasilnya adalah  lingkungan rumah bebas stress.

Simpanlah barang sebanyak yang Anda bisa di belakang lemari, atau dalam serangkaian kotak berhias atau keranjang,” saran dari Moreau, “dan satukan barang di atas meja pada sebuah nampan untuk membereskan semuanya.

READ:  Tren Rumah Minimalis di Tahun 2014

Konsistenlah dengan warna yang minimalis

Banyaknya warna dan desain dapat terlihat penuh dan bahkan memberi nuansa dinding dan furnitur yang hiruk-pikuk ketimbang ruang tamu yang nyaman. Pilih satu warna atau tema warna untuk membawakan keserasian yang minimalis ke dalam rumah Anda.

Jika Anda memiliki ruang monokromatik dan menggunakan satu warna dominan pada semua bagian penting dari furnitur, penting untuk mengubah tekstur dalam warna untuk kekontrasan dan ketertarikan,” saran Moreau.

Jika Anda memiliki lebih dari satu warna, tetaplah pada warna Anda dan jangan berbeda dari itu. Ulangi (melakukan hal yang sama) terhadap seluruh ruang untuk mengikat semuanya bersama-sama untuk kohesif, (menjadi) palet yang konsisten.

 Keseimbangan adalah kunci dari  desain minimalis

“Keseimbangan sangat penting untuk diperhatikan dalam desain minimalis,” jelas Moreau. “Atur bantal, karya seni atau lampu dalam sepasang (dekorasi) yang saling mengapit atau asimetris ke satu sisi.”

“Hal ini akan membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda melihat ruang jika penempatan item setiap kelompok terdiri dari keseimbangan atau penjajaran. Jika konsep ini sulit untuk dipahami, berkonsultasi dengan desainer interior atau lakukan pencarian internet “minimalist home decorating” atau “minimalism”  untuk ide-ide dekorasi tertentu.

READ:  Cara Terbaik Menata Teras Rumah Lebih Asri dan Hidup

Kontrol tema minimalis dengan titik fokus dekorasi

Suka dengan sofa Anda? Buatlah ia menjadi pusat perhatian di ruang tamu Anda. “Selalu miliki focal point (titik fokus), seperti furnitur yang ditempatkan terpusat, di mana setiap elemen lainnya memancar keluar,” kata Moreau.

Untuk mengikuti prinsip minimalis, sang desainer interior merekomendasikan untuk membayangkan kamar Anda sebagai kotak dan menyadari garis vertikal serta horisontal yang Anda masukkan di dalamnya dengan perabotan, benda, seni, warna, dll

 “Kontrol yang bersahaja dari elemen ini dapat berdampak hebat.”

Satukan elemen yang sama untuk menguatkan unsur minimalis

Alih-alih memiliki item dekorasi rumah Anda tersebar di seluruh counter, rak, dan dinding, Moreau menyarankan untuk menyatukan objek serupa bersama-sama dalam satu daerah yang sudah dirancang.

Misalnya, kelompokkan bingkai foto atau koleksi benda-benda yang mirip di suatu area tertentu – ada kekuatan di dalam jumlah tersebut, dan serangkaian item yang mirip membuat pernyataan (unsur minimalis) yang sangat berani, hanya saja lebih sopan,” demikian catatan sang desainer interior.

***

READ:  Tips dan Trik Dekorasi Rumah Minimalis

Demikian 5 tips dekorasi elegan untuk rumah minimalis. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki sumber daya dan sumber dana yang memadai sebelum menerapkan konsep tersebut.

Dan bila hal-hal tersebut telah terpenuhi, tak perlu khawatir bila tak dapat langsung menerapkan konsep minimalis secepat yang diharapkan. Hal tersebut juga butuh proses, dan bisa melakukan perubahan sedikit demi sedikit saja sudah sangat baik.

Selamat mencoba!

(foto: Juan David Cadena ValldeRuten- Flickr.com)