Tips dan Cara Mengenang Travelling

mengenang travelingSerunya berwisata, seru juga mengenang pengalaman di tempat tersebut.

Mulai dari pemandangan alamnya, budaya setempat, masyarakatnya hingga kisah lucu dan unik lainnya yang kita alami.

Untuk anda yang hobi travelling, pastikan perjalanan seru anda tidak terlupakan begitu saja. Tak jarang kita lupa akan nama tempat, nama orang yang kita temui, hingga hal-hal rinci lainnya.

Loading...

Agar pengalaman berwisata anda tetap terkenang dan orang lainpun dapat menikmatinya, simak tips bagaimana cara mengenang traveling dari kami berikut ini.

1. Catatlah detail perjalanan anda

Bawalah buku catatan kecil yang mudah diletakkan dalam saku maupun tas kecil anda. Catatlah rincian perjalanan mulai dari jam berangkat dan seterusnya.

Catat pula nama-nama lokasi tempat wisata karena untuk negara-negara di luar Indonesia, banyak nama tempat yang sulit untuk diingat.

Jika perlu, catat juga hal-hal kecil lainnya seperti nama hotel tempat menginap, nama restoran hingga nama hidangan unik yang anda coba.

2. Souvenir unik

Buah tangan tak harus merupakan benda-benda yang dijual pada kios-kios souvenir. Anda dapat juga menyimpan benda-benda unik seperti alas minuman, tiket transportasi umum setempat, karcis masuk wahanan tertentu hingga beberapa brosur menarik.

READ:  Ingin Traveling Hemat? Simak 4 Tips Ini!

Untuk anda yang suka dengan hal-hal berbau alam, tak ada salahnya menyimpan guguran daun lokasi setempat yang tak ada di Indonesia. Letakkan dalam halaman buku yang kemudian dapat anda pajang sebagai dekorasi unik.

Selain keunikannya, benda-benda ini secara otomatis akan mengingatkan kita pada lokasi tertentu.

3. Kartu pos untuk diri sendiri

Terdengar aneh, tapi unik untuk dicoba. Di setiap tempat yang anda kunjungi, cobalah untuk membeli kartu pos dan mengirimkannya ke alamat anda sendiri.

Anda dapat pula menuliskan beberapa detail perjalanan anda saat itu, seperti bertemu teman baru, bagaimana situasi alamnya, apa yang anda rasakan saat itu.

Bubuhkan perangko khas setempat dan kirim ke alamat pribadi anda. Mungkin saja setelah sampai di rumah, anda sudah menerima kartu pos tersebut.

Simpan pada album atau pajang sebagai souvenir unik perjalanan anda.

4. Cetak foto perjalanan

Meski semua foto tersimpan pada kamera digital anda, cetaklah foto-foto tersebut kemudia segera tulis detail lokasi dan lainnya di belakang foto tersebut untuk mengingat dengan baik sebagai gambaran foto.

READ:  Tips Persiapan Berwisata Saat Musim Dingin

Dengan mencetaknya dengan segera, kenangan yang terekam masih segar dan anda dapat dengan mudahnya memberi gambaran yang tepat.

5. Buatlah album perjalanan DIY (Do It Yourself)

Simpan semua dokumen unik dan souvenir berbentuk tipis lainnya yang anda bisa letakkan dalam album perjalanan anda. Untuk dekorasinya, anda dapat melihat di bebagai situs ide kreatif maupun mendapat insprasi dari contoh album yang pernah dibuat seseorang.

Anda dapat membuat cover album yang unik dengan hiasan dan foto khas negara yang anda kunjungi. Untuk isi album, selain foto, anda dapat juga menyelipkan tulisan kecil untuk menggambarkan foto tersebut.

Dengan begini, album anda menjadi seperi buku kecil yang juga menyenangkan untuk dilihat pada kesempatan-kesempatan berikutnya.

6. Jalinlah kontak

Ya, anda dapat berkenalan dengan orang lokal setempat sebelumnya lewat beberapa situs tertentu yang memungkinkan kita untuk mengenal seseorang dari negara maupun kota tersebut.

Terkadang kontak juga terjalin secara tidak sengaja. Tetaplah menjalin kontak yang baik dengan mereka dan dari mereka anda dapat mendengar update tempat berwisata anda dulu maupun memiliki teman untuk perjalanan anda yang berikutnya kesana.

READ:  9 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Selama Travelling

***

Buat perjalanan anda tetap terkenang dengan baik karena pengalaman yang ada dapatkan dalam perjalanan belum tentu dapat terjadi untuk kedua kalinya.

 (foto: yellowdoorartmarket.com)