Cara Membangun Kemampuan Otak

nutrisi otakOtak adalah pusat koordinasi organ-organ tubuh. Posisinya sangat vital karena menentukan kualitas berpikir manusia.

Otak memiliki susunan yang rumit, yang belum diketahui fungsinya secara menyeluruh.

Sejauh ini, para ilmuwan mengetahui bahwa otak harus dilatih untuk mendapatkan kinerja terbaiknya.

Loading...

Jika Anda ingin memiliki pikiran yang tajam, fokus dan fungsi kognitif yang baik, Anda bisa mengikuti cara membangun kemampuan otak berikut ini:

1. Hindari Aktivitas yang Membuat Otak “Beku”

Banyak sekali aktivitas kita yang nampaknya menyenangkan tapi merusak otak karena aktivitas tersebut membuat otak membeku. Sebagaimana halnya organ tubuh yang lain, otak juga menurun fungsinya ketika tubuh semakin menua.

Namun, sejumlah aktivitas seperti bermain game berjam-jam, atau menonton TV berjam-jam dapat menurunkan fungsi otak lebih cepat daripada yang kita kira.

Permainan game sebenarnya sangat baik untuk membantu mengembangkan kemampuan motorik, terutama pada anak-anak.

Menonton televisi juga baik untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan imajinasi. Namun, apa jadinya jika aktivitas bermain game dilakukan berjam-jam di dalam ruangan. B

READ:  Manfaat Pengurangan Karbohidrat untuk Tubuh

ukankah anak-anak lebih baik bermain di luar ruangan, seperti main sepakbola, kelereng, layangan, bersama teman-temannya agar ia juga belajar bersosialisasi? Bagaimana jadinya jika menonton tayangan televisi berkualitas rendah dilakukan berjam-jam tanpa melakukan hal lain?

Tentu saja kebiasaan semacam ini, yang cenderung membuat otak menjadi malas, dapat menurunkan kemampuan kognitif bahkan merusak sel-sel otak.

 2. Makanan Penutrisi Otak

Banyak jenis makanan yang baik buat otak, seperti asupan Omega-3, Omega-6 yang terdapat pada ikan salmon atau tuna.

Begitupula jenis makanan antioksidan seperti bawang putih, blueberry, anggur, brokoli, kunyit dan wortel sangat baik untuk melindungi otak kita.

Omega-3 dan omega-6 bahkan dapat membantu mengembangkan sel-sel otak, terutama pada anak-anak. Sementara makanan antioksidan membantu melindungi otak dan tubuh dari radikal bebas yang berbahaya.

 3. Angka dan Lirik Lagu

Ternyata, bermain angka dan mendengarkan musik dapat membantu mengembangkan otak. Ketika otak kita berusaha berhitung, maka kita sedang melatih otak untuk berpikir dan berfungsi lebih baik.

READ:  5 Bahan Makanan Ini Bisa Gantikan Penyedap Masakan

Begitu juga ketika kita sedang mendengarkan musik dan berusaha menghapal liriknya, artinya kita sedang melatih daya ingat agar lebih baik. Cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan fungsi otak Anda.

 4. Belajar Bahasa Baru

Selain lirik, belajar bahasa baru juga merupakan cara yang baik untuk melatih otak kita. Anda akan terkejut bagaimana satu kata bisa memiliki banyak kata dalam bahasa yang berbeda.

Cara ini sangat manjur dalam meningkatkan kemampuan kognitif kita. Dan tentu saja, Curriculum Vitae Anda menjadi lebih powefull dengan banyaknya kemampuan bahasa yang Anda kuasai.

 5. Permainan yang Merangsang Kemampuan Berpikir

Ada banyak permainan yang dapat membangun kecerdasan berpikir kita. Sebut saja Scrabble yang membantu Anda memperbanyak perbendaharaan kata dan meningkatkan perhatian Anda.

Permainan kartu dan catur bisa meningkatkan kemampuan ingatan sehingga menjadi lebih tajam.

 6. Relax

Stres merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan kemampuan otak serta memicu banyak penyakit. Jika tidak ditangani dengan benar, stress dapat berkembang menjadi kecemasan berlebih, serangan panik dan  depresi.

Cobalah melepaskan diri dari tekanan mental. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, seperti menghirup nafas yang dalam, yoga, meditasi hingga liburan.

 7. Kurangi Alkohol

Kebanyakan minum alkohol benar-benar merusak otak secara signifikan. Apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Fungsi kognitif menurun, daya tangkap melambat dan pikiran diselimuti kabut yang membuat sulit berpikir jernih. Hindarilah alkohol sedapat mungkin, dan batasi diri Anda seketat mungkin

***

Itulah cara untuk mengembangkan kemampuan otak Anda. Cara ini juga dapat membuat otak tetap terjaga dalam proses usia makin menua.