Kebaikan Sarapan Pagi bagi Kesehatan Tubuh

manfaat sarapan pagiBanyak orang yang mengabaikan sarapan pagi dengan berbagai alasan.

Mereka terlalu sibuk bekerja sehingga tidak sempat untuk duduk di meja dan menikmati makan pagi.

Ada pula yang tidak merasa lapar setelah bangun pagi sehingga merasa tidak perlu sarapan.

Loading...

Padahal, sarapan sangat penting bagi tubuh. Sekalipun kita tidak merasa lapar atau terlalu sibuk untuk sarapan, kita harus tetap menyempatkannya karena sarapan memiliki banyak kebaikan di baliknya dan ini adalah kebiasaan yang positif.

Berikut  kebaikan sarapan pagi yang harus Anda sadari:

1. Sehat

Sarapan pagi yang sehat dan wajar membantu Anda mengatur kadar gula darah. Orang yang sarapan pada pagi hari tidak akan merasa cepat lapar pada siang hari, sehingga ketika makan siang, ia juga akan makan dalam takaran yang wajar.

Anda juga berpotensi menderita kekurangan gizi dan vitamin jika tidak sarapan pagi. Makan pagi merupakan tanda bahwa Anda memiliki tubuh yang sehat.

2. Menjaga Berat Badan

Sarapan pagi membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan. Seporsi kecil makan pagi akan membantu Anda menekan rasa lapar sepanjang hari. Hal ini juga membuat tubuh tidak merasa cepat lapar dan terkontrol.

READ:  Khasiat dan Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Bayi

Bagi mereka yang bekerja, sarapan pagi sangat penting, mengingat jika tubuh tidak terkontrol saat makan siang, maka orang cenderung makan di luar yang kebanyakan menjual makanan sampah (junk food).

3. Energi

Nutrisi dalam makanan yang kita makan pada pagi hari langsung bekerja memberikan asupan energi untuk beraktivitas. Tanpa sarapan, tubuh terpaksa mengambil cadangan glikogen sebagai bahan bakar. Hal ini bisa menganggu metabolisme tubuh.

4. Fokus

Orang yang menikmati sarapan memiliki daya fokus yang lebih tinggi ketimbang yang tidak. Mereka lebih waspada, perhatian dan memiliki daya tangkap yang cepat karena sarapan menutrisi otak.

Sarapan jelas bisa membantu Anda melakukan pekerjaan sehari-hari dengan kesadaran dan fokus yang kuat.

5. Contoh yang Baik untuk Anak

Jika Anda sudah berkeluarga, sarapan pagi memberikan contoh yang baik bagi anak-anak Anda. Anda tentunya tak ingin anak-anak Anda tidak memiliki kebiasaan hidup sehat.

Kesadaran hidup sehat dengan sarapan pagi harus ditanamkan sejak dini. Hal ini akan berguna bagi kesehatan mereka kelak ketika dewasa.

READ:  5 Kesalahan Sarapan Pagi Yang Harus Dihindari

Jika Anda ingin sarapan yang memberikan energi instan, awali pagi Anda dengan buah-buahan berserat, seperti apel, pisang, pepaya, jus jeruk, dan oatmeal.

Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi daging (protein) sebagai sarapan Anda. Karbohidrat juga sebaiknya tidak terlalu banyak.

***

Buah-buahan adalah jenis sarapan terbaik, meskipun tubuh kita menjadi cepat lapar ketika memakannya, dan harus makan buah lagi.

Jika Anda menginginkan makanan yang bertahan lebih lama, karbohidrat bisa dikonsumsi, tapi sarapan buah lebih sehat daripada karbohidrat.

(foto: webparx.com)