Manfaat Peningkatan Massa Otot Bagi Tubuh Anda

Peningkatan Massa OtotBeragam publikasi telah banyak menyatakan akan manfaat berolahraga bagi kesehatan kita semua.

Apalagi beberapa jenis olahraga anaerobik yang memiliki dampak terhadap peningkatan massa otot. Lantas, apa sebenarnya pengaruhnya memiliki peningkatan massa otot?

Andrea Cespedes, seorang chef profesional yang terlatih dalam permasalahan nutrisi dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam industri fitness, mengemukakan pendapatnya akan manfaat peningkatan massa otot sebagaimana dirilis oleh Azcentral.com sebagaimana berikut.

Loading...

Manfaat Umum

Binaragawan bukanlah satu-satunya orang yang perlu berjuang untuk meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot menawarkan manfaat bagi penampilan fisik semua orang dan kesehatan, terlepas dari jenis kelamin dan usia.

Anda bisa mengangkat besi, menggunakan sabuk resistensi atau push up dan pull up menggunakan berat badan Anda sendiri untuk membangun otot yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda.

Rekomendasi

Setelah usia 20, Anda kehilangan sekitar satu setengah pon otot per tahun, demikian laporan American Council on Exercise. Otot yang hilang berarti peningkatan lemak yang lebih besar dan lebih sedikit kekuatan untuk hal-hal dasar yang perlu Anda lakukan setiap hari.

READ:  7 Makanan Kaya Protein Untuk Membangun Otot

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan Anda berpartisipasi dalam setidaknya dua sesi latihan kekuatan per minggu pada hari-hari yang tidak berturutan untuk membantu mengimbangi kerugian ini dan meningkatkan massa otot.

Sesi ini harus menyentuh setiap kelompok otot besar dan terdiri dari minimal delapan sampai 12 pengulangan latihan menggunakan beban yang membuat dua atau tiga pengulangan terakhir sangat sulit.

Kesehatan dan Fungsi Tubuh yang Lebih Baik

Bangunlah otot untuk membantu Anda mengelola gejala dari banyak kondisi yang serius dan kronis. Memiliki lebih banyak massa otot dapat meringankan rasa sakit osteo arthritis dan artritis, nyeri pinggang, diabetes dan obesitas.

Melakukan latihan menahan beban untuk membangun massa otot juga dapat membantu membangun kepadatan tulang yang membantu mencegah dan meringankan gejala osteoporosis. Massa otot meningkat biasanya berarti lebih kuat, yang dapat membantu Anda lebih baik melakukan aktivitas sehari-hari.

Penampilan

Otot memakan lebih sedikit ruang dan terlihat lebih padat daripada jaringan lemak. Tambah massa otot untuk menjaga tubuh Anda tampak ramping dan kencang.

READ:  9 Makanan Sehat Pencegah Masalah Kebotakan

Peningkatan otot dapat membuat pakaian Anda lebih cocok dan membantu Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri, bahkan jika Anda tak kehilangan berat badan sekalipun. Massa otot juga dapat mengisi bingkai tubuh yang kurus secara sehat.

Peningkatan Metabolisme 

Memiliki persentase yang lebih besar dari massa otot dapat membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori saat istirahat. Jaringan lemak sangat sedikit membakar kalori karena tidak melakukan apa pun untuk membantu menggerakkan tubuh Anda.

Menambahkan otot ke dalam rangka dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori harian – sebanyak 15 persen lebih – yang mendukung pemeliharaan atau penurunan berat badan.

(foto: diyhealth.com)