Khasiat Buah Kurma sebagai Kudapan Sehat

manfaat buah kurmaMeskipun bulan puasa telah berlalu, bukan berarti buah yang identik dengan bulan puasaa berikut ini tak lagi memiliki gizi bermanfaat.

Selain karena rasanya yang manis, buah yang satu ini tergolong praktis di bawa kemanapun sebagai kudapan berenergi.

Buah ini tergolong padat kalori. Secangkir saja dari buah ini mengandung 400 kalori.

Buah apakah itu? Apalagi kalau bukan kurma.

Pelajari khasiat buah kurma lebih lanjut sebagaimana dilansir oleh Livestrong.com berikut ini:

Tidak Meningkatkan Gula Darah

Salah satu alasan utama orang menghindari makan kurma adalah keyakinan bahwa kurma dapat meningkatkan kadar gula darah mereka, namun sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kepercayaan tersebut ternyata salah.

Pada 28 Mei 2011, publikasi “Nutrition Journal” melaporkan sebuah studi di mana konsumsi kurma diuji pada penderita diabetes.

Studi ini menunjukkan bahwa sementara kurma mengandung jumlah gula alami yang tinggi, sebenarnya buah ini tergolong makanan dengan indeks glikemik rendah dan tidak secara signifikan meningkatkan kadar gula darah setelah buah ini dimakan.

Jika Anda penderita diabetes, konsultasikan dengan dokter sebelum menambahkan kurma untuk diet sehingga Anda dapat memonitor kadar gula darah dan menentukan bagaimana kurma memengaruhi secara pribadi.

Meningkatkan Asupan Serat

Kurma mengandung serat. Menurut USDA National Nutrient Database, satu buah kurma mengandung 1,6 gram serat, atau 6 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Serat dikenal karena kemampuannya membantu menurunkan kolesterol serta memerangi dan mencegah obesitas, penyakit jantung dan kanker kolorektal.

Pada November 2008, publikasi  Critical Reviews in Food Science and Nutrition”  melaporan bahwa serat dalam kurma sebagian besar terdiri dari serat larut, yang mengikat lemak dan kolesterol serta membawanya keluar dari tubuh.

Menurunkan Trigliserida

Sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi 9 September 2009, edisi ”Journal of Agricultural and Food Chemistry,” menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma dapat menurunkan trigliserida sebesar 8 sampai 15 persen.

Mengurangi tingkat trigliserida Anda akan menurunkan risiko pengerasan pembuluh darah, serangan jantung dan stroke, demikian menurut National Institutes of Health.

Meningkatkan Asupan Vitamin Dan Mineral

Menambahkan kurma dalam diet Anda memberikan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan optimal. Vitamin utama dalam kurma adalah vitamin B kompleks, dengan vitamin B-6 sebagai yang terdepan.

Vitamin B membantu metabolisme makanan dan pembentukan sel-sel darah baru. Termasuk vitamin lainnya adalah K dan A. Kurma merupakan sumber yang sangat baik untuk mineral, dengan kalium menempati urutan pertama.

Tembaga, mangan, magnesium, kalsium, fosfor, besi dan seng melengkapi profil mineral pada buah ini. Tubuh hanya membutuhkan sejumlah kecil mineral, tetapi jika kekurangan salah satunya dapat menjadi bencana bagi kesehatan.

**

Demikianlah manfaat sehat buah kurma. Menjadikan kurma sebagai kudapan dapat membantu Anda membangun cadangan mineral bagi tubuh Anda.

(foto: fitho.in)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *