Tips dan Cara Memilih Kamera untuk Mengabadikan Momen Olahraga

kamera untuk memotret momen olahragaPernahkah Anda melihat foto-foto momen olahraga di majalah atau koran?

Mungkin Anda mengira-ngira bagaimana caranya membuat foto sebagus itu. Dan Anda mungkin berfikir bahwa yang bisa membuat foto seperti itu pastilah hanya seorang profesional.

Tahukah Anda, bahwa ternyata Anda pun dapat menciptakan foto momen olahraga yang indah? Ternyata kuncinya adalah pemilihan alat-alat fotografi yang tepat.

Loading...

Berikut ini tips memilih kamera yang tepat untuk mengabadikan momen olahraga.

1. Pilihlah Kamera DSLR

Kamera DSLR mempunyai beberapa kelebihan dibanding kamera lainnya yang memang sangat dibutuhkan dalam membuat foto olahraga.

Beberapa kelebihan tersebut adalah: kemampuan ISO yang tinggi, shutter speed yang tinggi, tanpa shutter lag, auto-focus yang lebih cepat, lensa yang dapat diganti, kemampuan baterai yang dapat ditingkatkan, dan frame rate yang lebih tinggi.

2. Memilih Lensa

Ada beberapa faktor yang mesti Anda pertimbangkan dalam memilih lensa, dari mulai spesifikasi hingga anggaran dana yang Anda miliki. Berikut ini beberapa faktor yang patut Anda pertimbangkan ketika memilih lensa:

  • Jarak Focal

Tak pelak lagi, makin besar zoom range, maka makin baik. Tentu harganya juga makin mahal. Sekali lagi, sesuaikan dengan budget Anda. Berikut ini jenis-jenis lensa berikut jangkauan lebar area yang mampu dijangkaunya:

READ:  Waspadai Bahaya Negatif Internet

– 85 mm : 8,5 meter (28 kaki)
– 200 mm : 20 meter (65 kaki)
– 300 mm : 30 meter (100 kaki)
– 400 mm : 40 meter (130 kaki)
– 600 mm : 60 meter (200 kaki)

  • Aperture Maksimal

Jika Anda akan memotret di siang hari, maka gunakan lensa f/5.6 dengan kecepatan shutter 1/250 dan ISO 200. Spesifikasi seperti ini masih bisa digunakan pada cuaca mendung. Tapi jika Anda ingin memotret di siang hari maupun malam hari, maka Anda harus menggunakan lensa telephoto f/2.8 yang harganya lebih mahal.

  • Image Stabilisation (IS)

Lensa dengan fitur IS akan mampu menjaga kestabilan hasil bidikan meskipun Anda memegang kamera dengan tangan. Hasilnya tidak akan buram, seperti yang biasa terjadi pada lensa biasa yang ketika memotretnya digenggam dengan tangan sehingga goyang.

Memang harga lensa IS lebih mahal, tapi jika anggaran Anda terbatas dan hanya mampu membeli lensa non IS, maka gunakanlah tripod ketika memotret.

3. Pelajari Cara Menggunakan Kamera DSLR Anda

Anda boleh jadi memiliki kamera terbaik dan termahal di dunia, tapi jika Anda tidak dapat menggunakannya dengan baik, maka hasilnya tetap saja akan buruk. Hal yang paling penting untuk dipelajari adalah memaksimalkan kemampuan kamera Anda.

READ:  Samsung Galaxy S IV Resmi Diluncurkan!

Untuk memepelajarinya, Anda dapat mengikuti kelas fotografi atau workshop. Anda juga dapat memeplajarinya di internet. Carilah situs yang memberikan turorial fotografi secara gratis, termasuk pengalaman orang lain yang telah menggunakan kamera yang sama dengan yang Anda pakai. Berikut ini hal-hal paling mendasar yang harus Anda pelajari:

– Pelajari cara mengatur white balance
– Pelajari tentang photographic exposure
– Pelajari bagaimana mengatur ISO dan untuk apa kegunaannya

4. Temukan Tempat yang Tepat

Setelah peralatan Anda pilih dengan cermat, sekarang saatnya action. Pemilihan tempat memotret yang tepat memang memerlukan jam terbang yang tinggi. Teruslah berlatih, lambat laun Anda akan tahu tempat yang paling bagus. Misalnya dalam memotret sepak bola, cobalah semua sisi yang memungkinkan untuk dijadikan tempat memotret.

**

Demikian tips cara memilih kamera untuk mengabadikan momen olahraga. Selamat hunting momen di event-event olahraga 🙂

(foto: samsung.com)